blank
Bupati Blora, H. Djoko Nugroho, melantik dan mengambil sumpah janji 125 kepala desa hasil Pilkades serentak 4 Agusus 2019. (Foto : SB/Hms-Setbla)

BLORA – Bupati Blora, H. Djoko Nugroho, Kamis (19/9/2019), melantik dan mengambil sumpah/janji 125 Kepala Desa (Kades) pemenang Pilkades Serentak yang digelar pada 4 Agustus 2019.

Pelantikan yang berlangsung di pendapa rumah dinas bupati, dihadiri Wakil Bupati H. Arief Rohman, jajaran Forkopimda, Sekda Komang Gede Irawadi dan para kepala organisasi perangkat daerah (OPD).

Pelantikan dan pengambilan sumpah-janji, dipimpin Bupati Blora, dilanjutkan dengan penandatanganan Surat Keputusan (SK).

Bupati Djoko Nugroho mengatakan, sebanyak 105 Kades incumbent atau petahana yang menang Pilkades serentak sudah dilantik 17 Agustus 2019 lalu.

Hari ini, lanjutnya, ada 125 Kades baru juga dilantik. Menurut Bupati, tugas berat sudah menanti, dan dipesan agar segera melaksanakan serah terima jabatan dengan pejabat lama secara baik-baik

Menurutnya, ini saat bersatu membangun desa masing-masing. Kades baru diminta menjalin komunikasi yang baik dengan Kades lama agar estafet kepemimpinan berjalan lancar.

“Pelaksanaan APBDes waktunya satu tahun, sekarang masih ada waktu tiga bulan untuk menyelesaikan tahun anggaran (TA) 2019,” katanya.

blank
Usai melantik, Bupati Blora H. Djoko Nugroho memberikan ucapan selamat kepada para kepala desa baru. (Foto : SB/Hms-Setbla)

Pernikahan Dini

Oleh sebab itu, secepatnya susun visi misi pembangunan desa untuk tahun berikutnya, dan gunakan dana desa sebagaimana mestinya, pesan Bupati Blora.

Selain itu, Bupati juga meminta para Kades bersama-sama melaksanakan program pengentasan kemiskinan, pencegahan dan penanggulangan stunting serta pencegahan pernikahan dini.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Hariyanto, menjelaskan bahwa Pilkades  pada 4 Agustus 2019 diikuti 242 desa.

“Tapi pelantikan Kades hasil Pilkades serentak, dilaksanakan tiga tahap,” jelas mantan Kabag Humas Setda Blora.

Dijelaskan, tahap pertama untuk Kades incumbent 105 orang dilantik pada 17 Agustus 2019, bersamaan HUT RI ke-74.

Tahap kedua Kamis (19/9/2019), sebanyak 125 Kades, jadi semua sudah 230 Kades. Untuk 12 Kades akan dilantik pada Desember 2019, menunggu habisnya masa jabatan Kades lama, jelas Haryanto.

Suarabaru.id/Wahono