blank

Kebakaran hutan Gunung Merbabu dipantau dari Posko Resort Pakis, Kabupaten Magelang. (Foto: SB/Istimewa)

MAGELANG – Hutan di Kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu terbakar, Kamis (12/9) malam sekitar jam 20.00. Lokasi kejadian masuk wilayah Resort Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Belum jelas penyebab kebakaran itu.

Kepala UPT Pemadam Kebakaran Kabupaten Magelang, Heri Prawoto,menyebutkan,  titik api terpantau pertamakali   Rabu (11/9), dari wilayah Dusun Malang, Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, sekitar pukul 19.30. Api terus menjalar menuju ke arah timur dan utara.

Pada Kamis (12/9), tim dari Balai Taman Nasional Gunung Merbabu, relawan dan masyarakat setempat, melakukan pemadaman. Api masih belum bisa dipadamkan dan terus menjalar. Pada jam 17.00, api mulai menjalar di Blok Kecitran, Desa Ketundan, Kecamatan Pakis

“Sampai pukul 20.00 , api masih berpijar dan belum padam, terpantau dari jalur pendakian Wekas,” tutur Heri Prawoto.

Dari hasil koordinasi dengan Posko Resport Pakis dan Balai Taman Nasional Gunung Merbabu, disepakati pemadaman dilaksanakan secara manual, karena lokasi sulit di jangkau, kelerengan curam dan sulit air.

Bersama pihak terkait (Forkompincam, BPBD, relawan, Desa) melakukan pemadaman, dan  pertemuan untuk penanganan bersama. Disamping pemantauan pada beberapa titik (Wekas). (Suarabaru.id/Tuhu Prihantoro)