blank
Gara-gara api sekam di tungku dapur berkobar lagi, menjadikan rumah milik Yusron Azis ludes terbakar beserta seluruh isi harta bendanya. Kebakaran berlangsung, saat pemilik tengah pergi ke pasar dan rumah dalam keadaan kosong.

WONOGIRI – Kebakaran rumah, terjadi lagi di wilayah Kecamatan Baturetno, Kabupaten Wonogiri. Musibah kebakaran kali ini, meludeskan rumah milik Yusron Azis (44), warga Dusun Janglot RT 2/RW 20, Desa dan Kecamatan Baturetno, Kabupaten Wonogiri.

Ini menjadi kasus kebakaran rumah keduakalinya dalam kurun 5 hari belakangan ini di wilayah Kecamatan Baturetno, Wonogiri. Sebab, sebagaimana pernah diberitakan, dua rumah milik Wiryorejo (60), Minggu sore (28/7) lalu, ludes terbakar berserta seluruh harta bendanya. Penyebab kebakaran rumah Wiryorejo di Dusun Watuagung RT 3/RW 2, Desa Watuagung, Kecamatan Baturetno (55 Kilometer arah selatan Kota Wonogiri) ini, diduga karena konsleting listrik pada instalasi jaringan rumah.

Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti Istiwidayati dan Kapolsek Baturetno AKP Suwono, melalui Kasubag Humas Polres Iptu Suwondo, menyatakan, kebakaran rumah Yusron Azis terjadi Jumat pagi (2/8). Tidak ada korban jiwa, karena rumah dalam keadaan kosong, sebab pemiliknya tengah pergi ke pasar.

Penyebab kebakaran pada rumah milik Yusron Azis, diduga dari api sekam di tungku dapur yang menyala dan membesar serta merembet membakar dinding kayu rumah dapur, yang kemudian berkobar meluas meludeskan rumah beserta semua isinya.

Kapolsek Baturetno AKP Suwono, menyatakan, begitu mendapatkan laporan terjadi musibah kebakaran, Kapolsek bersama Kanit Reskrim Iptu Sumarman, Kanit Intel Aiptu Sapto, Babinkamtibmas Bripka Ringgo P dan Briptu Andi Samsul, langsung mendatangi lokasi. Untuk kemudian membantu pemadaman bersama warga masyarakat, pamong desa, dan personel dari Koramil Baturetno.

Upaya pemadaman terkendala oleh tidak tersedianya air di lokasi. Kondisi serba kering di puncak musim kemarau sekarang ini, menjadikan amukan jago merah sulit dikendalikan. Menyikapi ini, dilakukan upaya melokalisasi kobaran api, agar tidak merembet ke rumah tetangga.

Tetangga korban, Misran (52) dan Febrina (26), kepada petugas menyatakan, tahu-tahu melihat ada asap pekat disertai jilatan kobaran api dari dalam rumah dapur milik Yusron Azis. Kejadian ini segera dilaporkan ke pamong desa dan ke Polsek Bauretno, serta diberitahukan ke pemilik rumah.

Polisi yang melakukan penanganan di lokasi kejadian, mendapatkan informasi bahwa sebelum pergi ke pasar, pemilik rumah menyalakan api di tungku dapur untuk memasak. Ketika api tungku lupa dimatikan, api kemudian membesar dan membakar tandon sekam (limbah penggergajian kayu) yang ada di dekatnya. Kemudian berkobar membakar dinding rumah dapur, dan meluas membakar rumah beserta seluruh isi harta bendanya.(suarabaru.id/Bambang Pur)