blank

Tim Soreng berlatih intensif dipimpin instruktur dari ISI Surakarta. (Foto: SB/Tuhu)

BOROBUDUR –  Sebanyak 200 penari Soreng Kabupaten Magelang , Jawa Tengah, berlatih secara intensif untuk mempersiapkan diri tampil di Istana Negara Jakarta, 17 Agustus 2019 pada peringatan HUT ke 74 Kemerdekaan RI.

“Proses latihan ditangani oleh Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta. Tim soreng akan berangkat ke Jakarta 13 Agustus 2019 ,” kata Kabid Kebudayaan Disdikbud Kabupaten Magelang, Drs Ahmad Husen MM, Rabu (1/8).

Wabup Magelang, Edi Cahyana SE, menyatakan sangat bangga atas kesempatan yang diberikan Presiden Jokowi kepada Kabupaten Magelang, untuk mementaskan kesenian tradisional Soreng di Istana Negara.

Ia meminta agar seluruh pemain Soreng benar-benar mempersiapkan secara matang. “Ingat, kalian membawa nama baik Kabupaten Magelang saat pentas di Istana Negara,” pesannya.

Ditekankan, para penari menjaga stamina. Supaya jangan ada yang pingsan saat pentas, karena ini akan disaksikan oleh jutaan penonton di Indonesia, baik secara langsung maupun dari televisi.

Hadir menyaksikan latihan soreng massal di Halaman Setkab Magelang,  Plt Kepala Disdikbud Drs Endra Endah Wacana MM dan Ketua Tim Penggerak PKK Christani Handayani SE. (Suarabaru.id/Tuhu Prihantoro)