blank
Wakapolres Kompol Adi Nugroho, menyiramkan air bunga untuk mengawali ritual pembaretan kepada bintara anggkatan 43 jajaran Polres Wonogiri. Ritual pembaretan, digelar di Pantai Nampu Laut Selatan.
WONOGIRI – Upacara pembaretan para bintara muda Polres Wonogiri angkatan ke 43, Sabtu (13/7), digelar di Pantai Nampu bibir laut selatan. Tepatnya di Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito (70 Kilometer arah selatan Kota Wonogiri).

Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti Istiwidayati melalui Kasubag Humas Polres Wonogiri, Iptu Suwondo, menyatakan, upacara tradisi pembaretan dipimpin langsung oleh Wakapolres Kompol Adi Nugroho. Jumlah bintara baru angkatan Ke 43 yang menjalani pembaretan, ada sebanyak 14 personel. Ikut hadir para Pejabat Utama (PJU) Polres Wonogiri, Kapolsek Paranggupito, Girintontro dan Pracimantoro, berikut Danramil dan Camat Paranggupito. Upacara diikuti oleh peleton Polwan, dan peleton Bintara angkatan 43.

Dalam upacara ini, dinyanyikan Mars Polri, diteruskan tradisi ritual penyiraman air bunga, serta pemakaian baret. ”Kami ucapkan selamat kepada para bintara Polri angkatan 43 yang menjalani tradisi pembaretan dan masuk ke jajaran Polres Wonogiri,” tandas Wakpolres Kompol Adi Nugroho. ”Kami para senior, mendoakan agar kalian menjadi personel Polri yang terbaik, yang mengayomi dan melindungi masyarakat,” tegas Wakapolres, sembari menambahkan bukan zamannya lagi polisi membebani masyarakat.

Jadi polisi, tandas Wakapolres, jangan arogan. ”Ingatlah kita berasal dari masyarakat, bekerja untuk masyarakat, dan kelak pensiun kembali ke masyarakat,” tegasnya. Jadikan event pembaretan ini, sebagai sarana pengingat untuk menjadi Polsi yang baik. Jangan melakukan pelanggaran dan jangan merugikan nama baik institusi.

Kasubag Humas Polres Wonogiri, Iptu Suwondo, menambahkan, kegiatan pembaretan diawali dengan longmarch mengambil start dari depan Polsek Giritontro menuju ke Pantai Nampu, yang dilakukan Jum’at malam (12/7). Routenya menuju ke ettape pertama di Kantor Polsek Paranggupito untuk istirahat satu jam, dan diteruskan lagi jalan kaki menuju ke Pantai Nampu dan tiba pukul 01.00 Sabtu dinihari (13/7). Jumlah personel yang mengikuti longmarch sebanyak 40 personel, dengan pengawalan Provost dan didampingi tim medis dari Urkes Polres Wonogiri.(suarabaru.id/Bambang Pur)