blank
Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga menggelar upacara wisuda periode IV tahun , dengan 1.15 wisudawan dari berbagai prodi, Kamis 24 Oktober 2024. Foto: Umbu Franklyn

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga menggelar upacara wisuda periode IV tahun 2024 Kamis (24/10/2024). Sebanyak 1.189 wisudawan dari berbagai jenjang pendidikan, mulai dari Diploma, Sarjana, Magister, hingga Doktor, resmi diluluskan dalam acara yang berlangsung meriah di Balairung Universitas.

Prosesi wisuda diawali dengan arak-arakan dari lapangan basket Inggris Raya menuju balairung. Dalam proses ini, para lulusan peraih Indeks Prestasi Tertinggi (IPT) di masing-masing Program Studi (Prodi) memimpin barisan, diikuti oleh perwakilan wisudawan dari setiap fakultas.

Dalam sambutannya, Rektor UKSW, Prof. Intiyas Utami, menyampaikan harapan agar para lulusan mampu menjadi pemimpin di bidangnya masing-masing dan berperan sebagai agen perubahan di lingkungan mereka.

“Kami berharap lulusan UKSW terus berpikir kritis dan memberikan solusi bagi permasalahan bangsa. Bangsa yang besar adalah bangsa yang selalu belajar dan menciptakan kreativitas,” ujarnya.

Prof Intiyas juga menekankan bahwa lulusan UKSW dikenal atas pemahaman mereka tentang keberagaman dan toleransi. “Di UKSW, semboyan ‘Takut akan Tuhan adalah permulaan pengetahuan’ menjadi kekuatan bagi lulusan kami. Selain itu, lulusan UKSW juga memiliki jiwa kepemimpinan yang terbentuk melalui berbagai kegiatan kemahasiswaan,” jelasnya.

Dua ciri khas ini, yaitu keberagaman dan jiwa kepemimpinan, diharapkan menjadi modal penting bagi para lulusan dalam memberikan kontribusi bagi bangsa. Rektor juga mendorong para wisudawan untuk terus belajar, baik melalui pendidikan formal hingga jenjang yang lebih tinggi maupun melalui pengalaman kerja.

Lebih lanjut Prof. Intiyas menyampaikan bahwa lulusan UKSW merupakan bagian dari creative minoritas yang harus berdampak bagi Indonesia dan dunia. “Agen perubahan dimulai dari diri sendiri. Lulusan UKSW harus menjadi pribadi unggul yang mencerminkan nilai-nilai UKSW,” ujarnya.

Prof Intiyas juga mengingatkan para lulusan agar selalu memiliki sikap menghargai sesama manusia dan peduli terhadap lingkungan, sesuai dengan nilai-nilai yang telah mereka pelajari di UKSW.

Bangga

Dalam upacara wisuda periode IV di Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), beberapa wisudawan berbagi rasa bangga dan harapan mereka setelah berhasil menyelesaikan studi.