blank
Stand desa Tahunan.

JEPARA (SUARABARU.ID)- Desa Tahunan menjadi salah satu peserta yang ikut ambil bagian dalam pameran mebel bersekala internasional yang bertajuk Jepara Internasional Jepara Buyer Weeks (JIFBW), Octofest 2024, Gelar Karya Pengrajin Jepara.

blank
Kunjungan PJ. Bupati Jepara di stand Desa Tahunan.

Pameran mebel terbesar yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Jepara bekerjasama dengan HIMKI Jepara ini akan berlangsung 25-28 Oktober 2024. Pameran ini digelar berangkat dari lesunya pasar mebel di bumi Kartini tersebut.

Ditambah dengan tantangan dari Presiden ke- 7 RI Joko Widodo saat berpidato di Ibu Kota Nusantara (IKN). Saat itu Jokowi menyinggung Kabupaten Jepara sebagai pusat furniture, harus bisa membangkitkan industri mebel.

“Jepara beberapa kali disinggung oleh bapak Jokowi sebagai pusat furniture dunia. Pak Jokowi yang pada saat itu mejabat sebagai presiden selalu memberi motivasi untuk kebangkitan pasar mebel di Jepara”, ujar Tafrikhan, salah satu panitia penyelenggara.

Sementara itu, Petinggi Desa Tahunan, Muhadi merespon undangan dari panitia sebagai salah satu peserta stand dengan mengisi barang-barang mebel yang sebagaian besar memang diproduksi oleh warga Desa Tahunan.

“Salah satu program kami adalah ikut serta dalam membangkitkan industri mebel di Desa Tahunan. Karena sejak dulu Desa Tahunan terkenal sebagai sentra mebel ukir. Namun seiiring perkembangan zaman, industri di desa kami memang mengalami penurunan”, terang Muhadi, Jumat (25/10/2024).

“Kesempatan ini kami ambil untuk membentuk paguyuban mebel di desa Tahunan. Alhamdulillah respon dari beberapa pengusaha mebel di Tahunan sangat baik. Ada Kartini Jati Mebel, Marjan Ukir Putri Furniture, Anyf Furniture, serta Konik Furniture ikut berpartisipasi”, lanjut Muhadi.

Dalam opening pameran, stand Desa Tahunan mendapatkan kunjungan dari PJ. Bupati Edy Supriyanta yang didampingi Kapolres Jepra beserta rombongan. Pada kesempatan itu, PJ. Bupati beserta Kapolres masing-masing memesan satu podium buatan warga Randusari, Tahunan.

ua