blank
Sat Brimob Polda Jateng siaga amankan kunjungan Presiden Prabowo dan para Menteri Kabinet Merah Putih ke Akmil Magelang. Foto: Humas

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Polda Jawa Tengah menyampaikan apresiasi atas partisipasi masyarakat Magelang dalam menjaga ketertiban dan kelancaran selama kedatangan Presiden Prabowo dan para Menteri Kabinet Merah Putih ke Akademi Militer (Akmil) Magelang.

Diketahui, situasi di sekitar Gerbang Akmil dan wilayah Magelang terlihat kondusif. Tidak ada penutupan jalan, sehingga masyarakat tetap bisa beraktivitas seperti biasa tanpa kendala.

Untuk menjaga keamanan, Polda Jateng telah menurunkan pasukan Sat Brimob yang siaga di beberapa titik penting selama kunjungan berlangsung hingga Minggu (27/10/2024).

“Ini semua untuk memastikan keamanan dan kenyamanan, baik bagi warga maupun tamu negara,” terang Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto dalam keterangannya, Jumat (25/10/2024).

Dikatakan, sebanyak 609 personel Polri dan 2.064 personel TNI ditempatkan di titik-titik strategis di seluruh Magelang, termasuk di Simpang Kebonpolo, Simpang Rindam IV Diponegoro, Simpang Klenteng dan Simpang Shoping. Posko induk didirikan di Mako Polres Magelang untuk memonitor situasi, dan petugas memastikan agar jalan utama tetap lancar tanpa hambatan berarti.

“Penempatan personel di sejumlah pos pengamanan tersebut untuk memastikan tidak ada kemacetan di jalur-jalur utama. Pengamanan ini sekaligus untuk menjamin agar aktivitas masyarakat tetap berjalan normal selama kunjungan berlangsung,” tambah Artanto.

Selain pengamanan statis, patroli gabungan antara TNI dan Polri beroperasi 24 jam di titik-titik strategis. Bahkan, Polwan juga mengadakan patroli dialogis untuk menyampaikan imbauan kamtibmas kepada masyarakat, memastikan situasi di Magelang tetap aman dan nyaman bagi semua.

Artanto menyatakan, kegiatan pengamanan ini adalah komitmen Polda Jateng untuk menjaga kondusifitas selama kunjungan kenegaraan. Dengan peran aktif dari masyarakat, diharapkan seluruh rangkaian acara dapat berjalan lancar.

“Semoga semua elemen masyarakat ikut berpartisipasi menjaga ketertiban selama kunjungan berlangsung. Dukungan dan kerja sama ini adalah kunci bagi keamanan dan ketertiban di Magelang, sehingga acara kunjungan Presiden dan Kabinet Merah Putih berjalan lancar, dan warga bisa beraktivitas dengan nyaman,” tandasnya.

Ning S