blank
Letupan lu,pu di Bledug Kuwu, daya tarik wisata fenomena vulkanik berbalut legenda Jaka Linglung. Foto: Tangkapan layar youtube

BLEDUG Kuwu, nama yang sudah sangat terkenal di daerah Grobogan. Bledug Kuwu yang berada di Desa Kuwu, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan, dikenal sejak lama sebagai tujuan wisata alam berbalut legenda.

Lokasi Bledug Kuwu tidak sulit untuk dijangkau, karena lokasinya berada di pinggir jalur jalan Wirosari-Cepu. Jadi bila Anda melakukan perjalanan dari Purwodadi ke Cepu lewat Randublatung, akan melewati tempat ini.

Bledug Kuwu adalah fenomena alam, terjadinya letupan lumpur yang terus berulang. Bolehlah dibilang mirip-mirip dengan fenomena Lumpur Lapindo, terjadinya luapan lumpur dari perut bumi.

Terjadinya letupan lumpur di Bledug Kuwu, karena terjadinya fenomena vulkanik, adanya pelepasan gas dari dalam perut bumi. Letupan lumpur yang terjadi di Bledug Kuwu memang alamiah, dan aktivitasnya tidak tinggi. Berbeda dengan Lumpur Lapindo yang ini tingkat aktivitasnya lebih tinggi.

Suara letupan terdengar keras dengan ledakan yang dasyat. Suara letupan bervariasi, terkadang terdengar bunyi seperti suara air mendidih. Ada juga semburan lumpur setinggi sekitar tiga meter dan dengan bentuk seperti balon, khususnya pada musim hujan.

Lokasi letupan tersebut berubah-ubah, namun secara periodik letupan tersebut terus bermunculan. Setengah menit sekali pengunjung dapat mendengar dan melihat fenomena alam yang berasal dari perut bumi tersebut.