blank
Inpektur Wilayah I apresiasi pelayanan di Bapas Semarang. Foto: Humas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Balai Pemasyarakatan (Bapas) Semarang menerima kunjungan Tim Penilai Mandiri (TPM) Satuan Kerja menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) tahun 2024 pada Selasa (22/10/2024).

Kunjungan dilaksanakan dalam rangka verifikasi lapangan (Verlap) pelaksanaan pembangunan Zona Integritas menuju WBK di Bapas Semarang. Sebelumya, dalam proses untuk meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi, Bapas Semarang telah lolos dalam panel Tim Penilai Internal serta telah mengikuti desk evaluasi wawancara oleh TPM.

Tim secara langsung mengecek pelaksanaan pelayanan yang ada di Bapas Semarang, mulai dari kelengkapan sarana prasarana, kesiapan petugas pelayanan serta inovasi yang ada di Bapas Semarang.

Dalam Verlap kali ini, tim juga secara langsung melakukan wawancara dengan Klien Bapas Semarang yang saat itu sedang melaksanakan wajib lapor di Bapas Semarang. Hal ini bertujuan untuk mengetahui secara langsung dari pengguna layanan, pelaksanaan pelayanan yang ada di Bapas Semarang. Tim juga melaksanakan wawancara dengan beberapa pegawai untuk mengetahui sejauh mana peran Kepala Bapas selaku role model, serta pelaksanaan pembangunan zona integritas menuju WBK di Bapas Semarang.

Inspektur Wilayah I Inspektorat Jenderal Kemenkumham, Sorta Delima Lumban Tobing yang hadir dalam Verlap ini mengapresiasi pelaksanaan layanan yang ada di Bapas Semarang.

“Bapas Semarang ini luar biasa, dengan pelayanan yang teratur, SOP yang berjalan dengan baik, petugasnya ramah serta inovasi yang luar biasa. Bahkah dari yang disampaikan klien yang kita minta keterangan mengatakan bahwa dia sangat senang dengan bimbingan kemandirian yang diselenggarakan di Bapas Semarang, dan berharap bisa diadakan lagi. Hal ini menunjukkan bahwa apa yang dilaksanakan oleh Bapas Semarang dapat diterima dengan baik oleh klien selaku pengguna layanan,” terangnya.

Sorta Delima juga mengapresiasi pelaksanaan bimbingan lanjutan yang telah dilaksanakan di Bapas Semarang. “Beberapa klien yang telah mengikuti bimbingan di Bapas Semarang saat ini ada yang sudah berhasil membuka lapangan usaha dengan berbekal ilmu yang didapat saat bimbingan. Hal positif dan apa saja yang sudah di kembangkan di Bapas Semarang terus ditingkatkan, jangan untuk dipublikasikan agar diketahui oleh masyarakat,” kata Sorta Delima.

Sementara Kabapas Semarang, Sarwito menyebut, bahwa saran dan masukan dari Tim TPM dalam peningkatan pelayanan di Bapas Semarang akan segera ditindaklanjuti. “Bapas Semarang berkomitmen akan terus berproses dalam mewujudkan pembangunan zona integritas menuju WBK di lingkungan Bapas Semarang,” tandasnya.

Ning S