blank
Apel Hari Santri Tahun 2024 yang berlangsung khitmad. Foto: Hiza

JEPARA (SUARABARU.ID) -Dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional 2024, Yayasan Zumrotul Wildan Ngabul Jepara menggelar berbagai kegiatan yang melibatkan siswa-siswi dan dewan guru mulai jenjang RA, MI, MTs sampai jenjang MA mulai tanggal 22 Oktober sampai tanggal 27 Oktober 2024.

Kegiatan yang diikuti 750 peserta dari unsur Pengurus Yayasan, dewan guru, santri RA, MI, MTs, dan MA tersebut dimulai dengan agenda Apel Hari  Santri yang dilaksanakan di halaman Madrasah Zumrotul Wildan yang dibuka secara resmi oleh Pembina Apel H. Sutarjo, Ketua Yayasan Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara.

blank
Pelepasan karnaval oleh pengurus yayasan . Foto: Hiza

Dalam sambutannya, H. Sutarjo mengingatkan perjuangan para santri dalam menjaga kemerdekaan yang harus diteladani para santri sekarang.

” Hari ini adalah Hari Santri Nasional, hari kita semua sebagai santri yang secara historis memiliki andil yang besar dalam perjuangan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Oleh Sebab itu, kita harus mampu meneruskan perjuangan para ulama untuk terus membangun Bangsa dan Negara. Kita harus yakin bahwa kita sebagai santri kelak akan mampu menjadi pemimpin Jepara bahkan menjadi pemimpin Indonesia.” Tegas Pengurus Yayasan.

blank
Karnaval Hari Santri Tahun 2024. Foto: Hiza

Setelah Apel Hari Santri, agennda  selanjutnya adalah Karnaval Hari Santri yang dilepas oleh H. Sutarjo dengan melintasi rute Madrasah, Dukuh Kosari- Makam Mbah Mbah Jogosari, dan finish kembali di Madrasah. Sesampai di makam Mbah Jogosari seluruh peserta diajak berziarah yang dipimpin Mbah oleh K. Ali Shodiqin.

Pada hari berikutnya akan digelar berbagai lomba baik akademik, olahraga maupun keterampilan. Dalam bidang akademik akan diselenggarakan Ranking Satu, Eco Bricks, lomba MC bahasa Jawa, Menulis Cerpen, dan lain-lain. Dalam cabang olahraga akan digelar lomba atletik, sepak takraw putra, bola voli, dan lain-lain. Sedangkan dalam bidang keterampilan akan dilombakan menghias makanan, Fashion Show, gerak dan lagu, dan lain- lain.

Para peserta akan merebutkan hadiah dari dewan guru antara lain kipas angin, kompor, tikar, jam dinding, dan hadiah hiburan lainnya. Panitia berharap melalui acara Gebyar Hari Santri, potensi- potensi siswa- siswi dapat diasah dan dikonversi menjadi juara.

Sub-  Hiza