blank
Jambore Amil IX yang digelar FoZ Jateng digelar di Taman Kyai Langgeng, diikuti sebanyak 70 peserta perwakilan, yang berasal dari Lembaga Amil Zakat se-Jateng. Foto: dok/kemenag

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Kepala Bidang Penaiszawa Kanwil Kemenag Jawa Tengah, Imam Buchori, yang mewakili Kakanwil Kemenag Jateng, Musta’in Ahmad, memberikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan Jambore Amil IX, yang digelar Forum Zakat (FoZ) Jateng.

Jambore dilaksanakan di Taman Kyai Langgeng, Kabupaten Magelang, Jumat (18/10/2024). Dengan mengusung tema Amil Hebat, Indonesia Gemilang, kegiatan itu diikuti sebanyak 70 peserta perwakilan anggota FoZ, yang berasal dari Lembaga Amil Zakat (LAZ) se-Jateng.

Selain memperkuat silaturahim antar-lembaga, kegiatan ini sekaligus untuk meningkatkan profesionalisme tata kelola LAZ, dan kompetensi Amil.

BACA JUGA: Dirjen Pendis Kemenag RI Apresiasi Paparan Musta’in Ahmad Terkait Sisdalak P5RA

”Saya mengapresiasi atas dilaksanakannya kegiatan rutin dua tahunan ini. Saya berharap, kegiatan ini dapat mendorong peningkatan profesionalisme tata kelola zakat. Selain itu, mampu meningkatkan pengetahuan Amil, dalam penyelenggaraan program-program pendayagunaan zakat, infak, sedekah dan dana sosial keagamaan lainnya,” tuturnya.

Imam berharap, agar lembaga zakat senantiasa berkolaborasi dengan berbagai stakeholder, termasuk pemerintah daerah. Hal ini agar program yang telah ada, bisa bersinergi dengan program pemerintah.

”Dengan demikian, lembaga zakat kinerjanya akan memberikan dampak positif. Baik dalam pemberdayaan maupun untuk pengentasan kemiskinan,” ujarnya.

BACA JUGA: Pengurus Pemuda Katolik Komisariat Cabang Tegal Raya Dilantik

Sementara itu, Ketua FoZ Jateng Sidik Anshori menyatakan, dalam kegiatan yang berlangsung Jumat-Sabtu (18-19/10/2024) itu, juga diisi dengan beberapa materi, terkait tanggap bencana, tata kelola kelembagaan, dan penyusunan program charity.

Beberapa narasumber yang dihadirkan, berasal dari Kanwil Kemenag Provisni Jateng, Ketua FoZ Pusat, BPBD Kota Magelang, dan Direktur Kita Bisa.

Riyan