blank
AIESEC Future Leaders 2024 UKSW dimulai, fokus kembangkan kepemimpinan dan keterampilan anak muda. Foto: UKSW

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Program AIESEC Future Leaders (AFL) 2024 Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) resmi dimulai dengan pertemuan pertamanya yang berlangsung di ruang kelas tematik diplomasi pada Sabtu (19/10/2024).

Kegiatan diikuti 49 peserta dari mahasiswa UKSW, Universitas Islam Negeri Salatiga, dan siswa SMA di Salatiga. Pertemuan ini menjadi momen pengenalan program yang berfokus pada pengembangan kepemimpinan dan keterampilan personal selama tiga bulan ke depan.

Local Head of Association internationale des étudiants en sciences économiques et commerciales (AIESEC) di UKSW, Yachinta Graciella menyampaikan rasa bangganya kepada para peserta yang telah bersedia meluangkan waktu untuk berkembang bersama melalui AFL. Sebagai organisasi pemuda terbesar di dunia, ia berharap agar AIESEC dapat menjadi ruang yang tepat untuk membangun relasi serta menumbuhkan kemampuan yang dapat memberi dampak bagi lingkungan sekitar.

“Di sini kita belajar bersama selama tiga bulan ke depan untuk membuat perubahan, menjadi lebih baik, dan bisa mencapai goals masing-masing,” ucapnya.

Sementara Head of AFL, Bagas Satrio Wicaksono dalam sambutannya menekankan unsur kebersamaan selama mengikuti program. Ia berharap peserta yang berasal dari beragam latar belakang budaya ini tidak hanya berfokus pada pengembangan individu, tetapi juga saling mendukung dalam kolaborasi yang harmonis.

Menyatukan perbedaan

Melalui pemaparannya, Bagas Satrio menerangkan, kehadiran AIESEC sendiri menjadi cikal bakal untuk menjembatani perbedaan yang kerap memicu konflik antar individu maupun bangsa. Organisasi ini kemudian hadir untuk memfasilitasi kaum muda sehingga dapat saling mengenal dan memahami, salah satunya melalui aksi pengembangan karakter kepemimpinan berupa pengalaman praktik yang terdapat di AFL.

“Leadership adalah karakter fundamental dan jawaban untuk mengatasi permasalahan dalam perbedaan. Kami ingin menumbuhkan karakter ini melalui kegiatan praktik yang menantang di AFL dengan terjun langsung ke dalam proyek demi perkembangan kemampuan,” jelasnya.

“Hero’s Journey: Mastering Business and Leading with Marvelous Excellence” merupakan tema AFL 2024 kali ini, disampaikan oleh Organizing Committee Vice President (OCVP) of Program AFL, Agnes Dheya. Tema ini dirancang untuk membekali peserta dengan pemahaman mendalam yang tidak terbatas pada karakter kepemimpinan saja, namun juga keterampilan berbisnis bersama pembicara ahli dan coach.

“Setiap sesi dilakukan dengan interaktif dalam kegiatan inti berupa bi-weekly sessions, sharing sessions, international networking spaces, dan activating leadership support,” tutur Agnes.

Dalam penerapannya, juga tidak lepas dari dan untuk mencapai nilai-nilai AIESEC yaitu Striving for Excellence, Demonstrating Integrity, Activating Leadership, Acting Sustainably, Enjoying Participation, dan Living Diversity.