blank
Patroli skala besar yang dilaksanakan Polres Wonogiri, menyambangi Kantor KPU Kabupaten Wonogiri. Juga menadatangi gudang penyimpanan losgistik Pilkada 2024.(Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Guna memastikan situasi pelaksanaan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) agar tetap kondusif, Polres Wonogiri menggelar patroli skala besar. Ini dilakukan pada malam dan dinihari, yakni saat jam-jam yang dianggap rawan terhadap kemunculan gangguan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas). Tujuannya, untuk mengantisipasi kemunculan gangguan keamanan.

Kapolres Wonogiri Jarot Sungkowo melalui Kasi Humas Poler AKP Anom Prabowo, Minggu (20/10/24), menyatakan, situasi Kamtibmas yang kondusif, penting diwujudkan dalam upaya mendukung semua tahapan pelaksanaan Pilkada. Berkaitan ini, Polres Wonogiri menggelar patroli skala besar yang melibatkan Tim Satgas Preventif Operasi Mantab Praja Candi 2024. ”Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya cipta kondisi, dan antisipasi gangguan keamanan di wilayah hukum Polres Wonogiri,” jelas AKP Anom Prabowo.

Patroli skala besar dipimpin langsung oleh Kapolres Wonogiri, AKBP Ajrot Sungkowo. Sabtu malam(19/10/24), patroli skala besar menyasar ke sejumlah lokasi strategis yang berkaitan langsung dengan persiapan Pilkada 2024. Yakni menyambangi gudang logistik, Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), serta merondai sejumlah objek vital (Obvit) yang ada di Kota Wonogiri.

Kapolres menandaskan, patroli ini bertujuan untuk memastikan situasi Kamtibmas agar tetap kondusif. Juga sebagai langkah antisipasi untuk mencegah potensi gangguan keamanan, yang dapat mengganggu jalannya Pilkada 2024.

Gerak Jalan
 
Patroli dilakukan dengan berkoordinasi bersama petugas pengamanan di lokasi-lokasi penting, untuk memastikan keamanan berjalan dengan baik. ”Ini adalah bagian dari upaya kami menjaga kondusifitas wilayah menjelang pesta demokrasi Pilkada,” tandas Kapolres.

Patroli skala besar, diawali dengan menggelar apel kesiapan yang digelar di Halaman Mapolres Wonogiri, dan diikuti oleh semua personel dari berbagai satuan. Dalam melaksanakan patroli, dilakukan koordinasi dengan petugas yang piket Kantor KPU dan Kantor Bawaslu, serta petugas jaga yang berada di gudang penyimpanan logisltik Pilkada.

Kasi Humas Polres AKP Anom Prabowo, menyatakan, selama kegiatan patroli berlangsung, situasi di seluruh lokasi dilaporkan dalam keadaan aman dan terkendali. Kegiatan ini akan terus dilakukan secara berkala sebagai upaya Polres Wonogiri dalam menjaga stabilitas keamanan menuju Pilkada 2024.

Sementara itu, Minggu (20/10/24), jajaran Polres Wonogiri memberikan pengamanan acara gerak jalan massal kampanye Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng Pasangan Calon (Paslon) nomor urut: 2, yakni duet Ahmad Luthfi-Taj Yasin Maimoen. Acara ini, mengambil start dan finish di komplek Gedung Olahraga (GOR) Giri Mandala Wonogiri. Bersamaan itu juga digelar senam sehat bersama.(Bambang Pur)