blank
Foto bersama petugas Eazy Paspor Kanim Pati. Foto: Nurul

JEPARA (SUARABARU.ID) – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jepara kembali melaksanakan layanan Eazy Passport yang berlokasi di PLHUT, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jepara, dari Selasa hingga Jumat (15/10 – 18/10) tahun 2024. Kegiatan ini disambut antusias oleh calon jemaah haji Kabupaten Jepara.

Layanan Eazy Passport merupakan inovasi dari Ditjen Imigrasi yang bertujuan memudahkan masyarakat dalam pengurusan paspor. Dengan layanan ini, petugas imigrasi datang langsung ke lokasi pemohon, sehingga proses pengurusan paspor menjadi lebih cepat dan efisien.

blank
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jepara, Akhsan Muhyiddin, saat meninjau lokasi Pelaksanaan Kegiatan Eazy Pasport. Foto: Nurul

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jepara, Akhsan Muhyiddin, menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap pelaksanaan program ini. Menurutnya, layanan Eazy Passport sangat membantu masyarakat dalam mempermudah proses pengurusan paspor.

“Dengan adanya layanan Eazy Passport, kami berharap masyarakat dapat mengurus paspor dengan lebih mudah, cepat, dan nyaman,” ujar Akhsan.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Imigrasi Kelas Non-TPI Pati, Akhmad Zaeni, melakukan kunjungan untuk monitoring dan evaluasi pelaksanaan tugas dan fungsi keimigrasian di Kantor Imigrasi Pati.

blank
Kepala Kanim Pati, Akhmad Zaeni saat mengunjungi pelaksanaan Eazy passport di PLHUT Kan Kemenag Jepara. Foto: Nurul

“Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan terbaik bagi masyarakat,” ujar Zaeni.

Sementara itu, Kasi PHU, Siti Zuliyati, menambahkan bahwa layanan Eazy Passport yang berlangsung selama empat hari ini telah melayani sekitar 859 calon jemaah haji. Layanan paspor elektronik ini mencakup pendaftaran, pemeriksaan berkas, pengambilan foto, dan sidik jari, yang dilaksanakan secara terpadu dan efisien dengan menggunakan mobile unit.

Kegiatan Eazy Passport ini diharapkan dapat terus diselenggarakan setiap tahun, khususnya menjelang musim haji, untuk mempermudah calon jemaah dalam menyelesaikan proses pembuatan paspor dengan lebih efektif dan efisien. Keberhasilan program ini mencerminkan sinergi yang baik antara Kantor Kemenag Kabupaten Jepara dan Kantor Imigrasi dalam memberikan pelayanan optimal bagi masyarakat.

Dengan terlaksananya kegiatan ini, diharapkan calon jemaah haji Kabupaten Jepara dapat menyelesaikan pembuatan paspor tepat waktu sehingga mereka dapat fokus mempersiapkan diri untuk ibadah haji tahun 2025.

Hadepe –  Nurul