blank
Aplikasi WhatsApp. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)– WhatsApp merupakan aplikasi perpesanan instan dan panggilan suara dan video yang gratis, lintas platform, dan aman. WhatsApp merupakan bagian dari media sosial yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi informasi.

Nama WhatsApp sendiri merupakan plesetan dari kata What’s Up yang berarti apa kabar. WhatsApp didirikan pada tahun 2009 oleh Jan Koum dan Brian Acton yang sebelumnya bekerja di Yahoo selama 20 tahun jika keduanya digabungkan.

WhatsApp adalah aplikasi untuk berkomunikasi secara pribadi dengan teman, keluarga, dan bisnis. WhatsApp dapat digunakan untuk mengirimkan pesan teks, pesan suara, pesan video, panggilan suara, video, berbagi gambar, dokumen, lokasi pengguna, dan konten-konten lainnya.

Whatsapp merupakan -bagian dari media sosial yang memudahkan semua para penggunanya untuk dapat saling berbagi informasi satu sama lain. Penggunaan WhatsApp telah digunakan oleh hampir seluruh kalangan masyarakat karena penggunaannya yang terbilang cukup mudah.

Dilasir dari Suara.com, berikut setidaknya ada 6 alasan kenapa orang lebih memilih WhatsApp ketimbang dengan aplikasi perpesanan yang lain dilansir dari berbagai sumber.

1. Menyenangkan secara estetika

Aplikasi WhatsApp memiliki tampilan ceria dengan fungsional yang menarik. Salah satu fitur yang menarik yakni mode gelap sehingga memudahkan dan juga membuat mata tidak lelah saat menatap layar berjam-jam menggunakan WhatsApp.

WhatsApp juga memungkinkan pengguna dapat menggunakan wallpaper pilihan yang dapat membuat obrolan semakin bernuansa. Aplikasi ini memberikan kamu banyak latar belakang untuk dipilih yang dapat mempersonalisasi setiap percakapan.

2. Semua orang menggunakannya

Saat ini hampir semua orang menggunakan aplikasi WhatsApp sehingga memudahkan percakapan dari platform yang sama. Aplikasi milik Meta ini sangat populer digunakan sehingga mengubah bahasa komunikasi menjadi sangat praktis lewat media sosial.

3. Stiker WhatsApp

Tak bisa dipungkiri bahwa ada banyak orang sangat senang menggunakan stiker saat melakukan chat. Beruntungnya, WhatsApp telah menyediakan fitur stiker yang bisa dimodifikasi setiap pengguna.

Stiker menjadi cara yang sangat bagus untuk mengekspresikan kepribadian dan dapat sedikit memberikan humor pada setiap percakapan. Stiker sangat populer sehingga pada dasarnya ini menjadi bahasa kedua dalam penggunaan WhatsApp.

4. Pesan yang menghilang dan media sekali lihat

Jika kamu termasuk orang yang tidak suka menimbun percakapan yang ada sejak bertahun-tahun, maka aplikasi WhatsApp menjadi solusinya. Aplikasi ini memiliki fitur pesan menghilang sehingga membuat perangkat kamu tetap rapih.

WhatsApp memungkinkan pengguna dapat membuat percakapan menghilang setiap 24 jam, 7 hari atau 90 hari. Jika tidak disimpan, pesan akan dihapus secara permanen jika sudah sampai pada waktu yang telah ditentukan.
Selain itu, WhatsApp juga menyediakan fitur untuk mengirim foto atau video yang sekali lihat. Mengatur opsi pesan sekali lihat menjadi cara bijaksana agar tidak memenuhi ruang penyimpanan.

5. Fitur edit pesan

Kesalahan tata bahasa atau ejaan salah menjadi sesuatu yang banyak dihindari pengguna. Biasanya banyak orang mengoreksi kata yang salah dengan pesan berikutnya. Namun, WhatsApp telah menyediakan fitur edit sehingga kamu tidak perlu melakukan cara yang seperti itu lagi. Setelah mengirim pesan, pengguna memiliki waktu 15 menit untuk mengedit pesan.

6. Saluran WhatsApp

Pada Juni 2023, WhatsApp memperkenalkan WhatsApp Channels. Perusahaan dan individu terkenal dapat membuat saluran untuk membuat pengguna tetap dalam lingkaran dengan memposting foto, video, maupun tautan.

Nah, itulah setidaknya ada 6 alasan kenapa banyak orang lebih senang menggunakan aplikasi WhatsApp ketimbang dengan aplikasi perpesanan yang lain. Semoga informasi ini bermanfaat.

Claudia