blank
Pemain belakang Timnas Indonesia, Mees Hilgers (putih/2), berupaya menjebol gawang Cina yang dijaga Wang Dalei. Foto: afc

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengapresiasi penampilan anak-anak asuhnya, meskipun dikalahkan Cina dengan skor 1-2, pada laga yang dimainkan di Stadion Qingdao Youth Football, Selasa (15/10/2024).

Pelatih asal Korea Selatan itu menilai, seluruh pemain telah memberikan yang terbaik, dan mampu menunjukkan perlawanan di sepanjang pertandingan.

”Walaupun kalah, Timnas Indonesia telah menunjukkan penampilan terbaiknya,” kata Shin Tae-yong, dalam sesi konferensi pers seusai pertandingan.

BACA JUGA: Tim PKM USM Beri Pelatihan Strategi Siaran Radio

Menurut dia, Garuda telah mencoba dengan berbagai cara, untuk dapat mencuri poin. Namun Cina yang tampil di hadapan pendukungnya sendiri, memiliki motivasi lebih tinggi di pertandingan itu.

”Selamat kepada Cina yang telah memenangkan pertandingan ini. Baik Cina maupun Indonesia sebetulnya sama-sama menunjukkan keinginan untuk menang. Akan tetapi, keinginan Cina jauh lebih besar,” tambah pelatih berusia 54 tahun itu.

Meski demikian Shin berharap, timnya tak larut dalam kekalahan itu. Dia bertekad membawa Garuda bangkit di pertandingan-pertandingan selanjutnya, yang akan digelar pada November 2024 mendatang.

BACA JUGA: Fasilitas Perpustakaan Kelurahan Miroto Disukai Anak-anak Sekolah

”Ini bukan akhir dari segalanya. Timnas Indonesia bakal mempersiapkan diri lebih baik untuk pertandingan berikutnya, dengan kondisi yang jauh lebih baik,” ucapnya.

Hasil buruk di kandang Cina ini, menjadi kekalahan perdana Timnas Indonesia di putaran ketiga babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Namun hal itu tak mengubah posisi Garuda di klasemen sementara Grup C, yakni berada di peringkat 5 dengan raihan 3 poin.

Klasemen Sementara Grup C
1. Jepang       4 3 1 0 15 1 +14 10
2. Australia    4 1 2 1 4 3 +1 5
3. Arab Saudi 4 1 2 1 3 4 -1 5
4. Bahrain      4 1 2 1 3 7 -4 5
5. Indonesia 4 0 3 1 4 5 -1 3
6. Cina           4 1 0 3 4 13 -9 3

Riyan