FGD Pemkab Blora dengan UNY di ruang rapat Setda Blora. Jumat, 11 Oktober 2024. Foto: Kudnadi Saputro Blora

BLORA (SUARABARU.ID) — Melalui Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) segera mendirikan kampus di wilayah Kabupaten Blora.

Terkait hal itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora bersama UNY menggelar Focus Group Discussion (FGD) pada Jumat, 11 Oktober 2024, membahas hasil kajian pendirian kampus ini, bertempat di Ruang Rapat Setda Kabupaten Blora.

Dikemukakan, PSDKU UNY di Blora akan dibangun secara bertahap mulai akhir 2024 hingga 2030 di lahan seluas 5 hektar di Jalan Mr Iskandar, Mlangsen, depan pasar Sidomakmur, (Selatan Kantor Kecamatan Blora).

“Pembangunan akan mencakup fasilitas akademik, gedung prodi, laboratorium, zona riset, masjid, serta fasilitas pendukung seperti pusat kegiatan mahasiswa, sarana olahraga, dan kantin,” kata Direktur Kerja Sama, Sistem Informasi, Inovasi, dan Usaha UNY.

Lebih lanjut, Direktur Kerja Sama, Sistem Informasi, Inovasi, dan Usaha UNY, Darmono, menjelaskan bahwa program studi yang akan dibuka pada tahap awal harus memiliki akreditasi Unggul (A).

“Sesuai dengan aturan Program Studi di luar Kampus Utama (PSDKU) Program studi yang akan dibuka harus memiliki akreditasi Unggul atau A,” ujar Darmono.

Program studi ini meliputi, lanjut Darmono, Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1), Manajemen (S1), Akuntansi (S1), Pendidikan Teknik Informatika (S1), Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (S1) dan Ilmu Keolahragaan (S1).