Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Welahan , Kasrani, S.Pd. saat membuka IHT. Foto: Taufiq

JEPARA (SUARABARU.ID) – Komunitas belajar SMP Negeri 3 Welahan mengadakan IHT dengan tema Pembelajaran Berdiferensiasi, Sabtu, 5 Oktober  2024. Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Sekolah, Kasrani, S.Pd., Mat. Acara ini menampilkan praktik baik oleh guru IPA, Nora Shofiana, yang merupakan  Guru Penggerak (CGP) angkatan 5. Sedang siswa dalam sesi praktik ini adalah teman sejawat sesama guru.

Dalam sambutannya Kasrani, S.Pd., Mat menekankan pentingnya program ini untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sesuai dengan Kurikulum Merdeka.

Praktik mengajar oleh peserta IHT di SMPN 3 Welahan. Foto: Taufiq

IHT ini diselenggarakan sebagai bagian dari tugas-tugas dalam Platform Merdeka Mengajar (PMM), sebuah aplikasi yang dibuat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ristek untuk mendukung peningkatan kualitas dan profesionalisme guru.

Taufiq Nugroho, guru Bahasa Inggris dan peserta CGP angkatan 10, menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting dan sebaiknya dilakukan lebih sering di sekolah untuk berbagi praktik baik antar guru.

Komunitas belajar SMP Negeri 3 Welahan mengadakan IHT dengan tema Pembelajaran Berdiferensiasi, Sabtu, 5 Oktober 2024. Foto: Taufiq

Pembelajaran yang berpihak pada murid, menyenangkan, serta melibatkan siswa dengan aktivitas seperti ice breaking, menurutnya, adalah kunci untuk pembelajaran yang efektif dan menginspirasi.

Antusiasme dan semangat dari para guru yang mengikuti IHT sangat tinggi. Role play dalam pembelajaran memberikan gambaran yang cerah tentang pengajaran yang menyenangkan dan penuh makna.

Kepala sekolah SMPN 3 Welahan juga menambahkan bahwa IHT berikutnya akan diadakan dengan tema Canva, pembelajaran sosial emosional, dan penilaian yang berkarakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.

“Semoga kegiatan seperti ini terus berlanjut dan memberikan manfaat yang besar bagi kualitas pendidikan di SMP Negeri 3 Welahan”, tambah Kasrani, S.Pd. Mat.

Hadepe – Taufiq