Pemain Bacin Evolution merayakan kegembiraannya setelah menerima tropy juara Sukun U17 League Askab PSSI Kudus 2024. foto: official Sukun U17 League.

KUDUS (SUARABARU.ID) –  Tim Bacin Evolution akhirnya berhasil menjadi juara Sukun U17 League Askab PSSI Kudus 2024. Tim asal Desa Bacin, Kecamatan Bae ini memastikan mahkota juara setelah di laga pekan terakhir menggasak tuan rumah Spultura FC di lapangan Desa Cendono, Kecamatan Dawe, Jumat (4/10).

Selain sukses menyabet gelar juara, striker Bacin Evolution M Bagus Pradana juga sukses mendapatkan predikat top skorer. Pemain berpostur jangkung ini menorehkan total 22 gol selama gelaran kompetisi Sukun U17 League Askab PSSI Kudus 2024 digelar. Sementara, satu gelar lain yakni Best Player diraih oleh pemain Tunas Muda FC yakni M Arief Bima.

Keberhasilan Bacin Evolution menyabet gelar juara Sukun U17 League ini disambut gembira seluruh pemain beserta pelatih dan official. Pelatih Bacin Evolution, Fatah Yasin menyebut konsistensi anak asuhnya dalam menjalani laga demi laga kompetisi menjadi kunci keberhasilan timnya meraih juara.

“Kami sangat bersyukur. Ini merupakan buah dari kerja keras anak-anak yang mampu konsisten dalam setiap pertandingan yang dilakoninya,”katanya.

Yasin menambahkan, Sukun U17 League yang menghadirkan kompetisi dengan sistem kompetisi penuh yang mana setiap tim harus memainkan laga home dan away, memang menguras energi. Namun kompetisi tersebut dinilai sangat bagus dalam pembinaan pemain-pemain muda.

“Dengan kompetisi penuh, pemain bisa terus melakukan perbaikan diri. Kalau hari ini bermain jelek, bisa langsung evaluasi untuk pertandingan beirkutnya. Jadi, saya kira ini sebuah bentuk pembinaan yang bagus,”tandasnya.

Dengan gelar juara ini, Bacin Evolution berhak mendapatkan tropi serta uang pembinaan sebesar Rp 10 juta rupiah. Sementara, untuk Top Skorer dan Best Player masing-masing juga mendapatkan tropi dan uang sebesar Rp 500 ribu.

Ketua Askab PSSI Kudus, Daniel Budi Sampoerno menyampaikan kegembiraannya atas rampungnya gelaran Sukun U17 League Askab PSSI Kudus 2024. Kompetisi tersebut merupakan bagian dari pembinaan sepak bola usia dini, yang nantinya diharapkan mampu melahirkan pemain-pemain muda yang berkualitas untuk membawa nama baik Kudus.

“Selama kompetisi, Askab PSSI Kudus telah menerjunkan talent scouting dan sudah menjaring pemain-pemain potensial yang nanti akan diproyeksikan untuk memperkuat Kudus baik di Piala Suratin, maupun ke tim Persiku senior yang kini berlaga di Liga 2,”tandasnya.

Daniel juga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada PT Sukun Wartono Indonesia yang menjadi sponsor utama gelaran kompetisi ini. Pihaknya berharap, dukungan perusahaan swasta atas pembinaan olahraga khususnya sepak bola akan terus berlanjut.

Senada, perwakilan PT Sukun Wartono Indonesia, Ardiansyah Edi Wartono menyampaikan komitmen PT Sukun Wartono Indonesia dalam mensuport pembinaan olahraga di Kabupaten Kudus akan terus berlanjut. Bukan hanya sepak bola saja, PT Sukun Wartono Indonesia juga selama ini konsen dalam membina cabor tenis meja serta bola voli.

“Dan kami melihat, gelaran Sukun U17 League ini sangat bagus dan nantinya bisa berlanjut di musim depan,”tandasnya.

Sukun U17 League mulai digulirkan sejak 17 Mei 2024 silam. Diikuti 10 tim, liga ini menghadirkan kompetisi penuh yang mana setiap tim akan memainkan laga home dan away. Ada lima pertandingan yang dimainkan pada tiap pekannya yang dilaksanakan setiap hari Jumat.

Selain Sukun U17 League, saat ini juga masih berjalan Sukun U23 League yang diikuti oleh 12 tim. Kompetisi dengan sistem serupa tersebut, digelar setiap hari Sabtu dan Minggu dan saat ini sudah mencapai pekan ke-19.

Ali Bustomi