ilustrasi menggukana handphone sebelum tidur. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Tidur yang tidak nyenyak dan terputus-putus akibat penggunaan gadget sebelum tidur dapat menyebabkan kelelahan, kelemahan, dan penurunan konsentrasi di keesokan harinya. Kurang tidur dapat meningkatkan risiko depresi, kecemasan, dan stres. Penggunaan gadget sebelum tidur dapat memperburuk kondisi ini.

Mendekatkan Handphone menjelang tidur cenderung membuat seseorang bermain Handphone hingga tertidur. Pasalnya, hal tersebut dapat menyebabkan degenerasi makula. Bahkan, bahaya tidur dekat Handphone yang satu ini dapat meningkatkan risiko kebutaan.

Cahaya biru yang ditimbulkan dari Handphone dapat menghambat produksi hormon melatonin, hormon ini berfungsi mengatur tidur dan mengganggu ritme sirkadian (jam biologis tubuh). Radiasi elektromagnetik yang dikeluarkan oleh Handphone yang bikin aliran darah tidak maksimal, akibatnya menjadi gagal fokus dan kurang konsentrasi.

Cahaya biru yang dipancarkan layar Handphone menghambat produksi melatonin, hormon yang mengendalikan siklus tidur-bangun (alias ritme sirkadian) . Hal ini membuat Anda makin sulit tertidur dan bangun keesokan harinya.

Penelitian telah menunjukkan bahwa paparan cahaya biru pada malam hari dapat menggeser ritme sirkadian tubuh, yang mengatur berbagai proses biologis, termasuk tidur. Hal ini dapat meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan, seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.

Selain dampak fisik, kebiasaan tidur dengan Handphone juga dapat berdampak negatif pada kesehatan mental. Penggunaan handphone sebelum tidur dapat meningkatkan kecemasan, stres, dan depresi. Notifikasi yang terus-menerus bermunculan dapat menciptakan perasaan tertekan dan sulit untuk melepaskan diri dari dunia digital.

Lantas bagaimana tips tidur agar lebih nyenyak? Untuk menghindari dampak negatif dari penggunaan Handphone sebelum tidur, dilansir dari Suara.com berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

1. Matikan semua notifikasi yang tidak penting setidaknya satu jam sebelum tidur.
2. Gunakan tirai tebal atau masker mata untuk menciptakan lingkungan tidur yang gelap.
3. Letakkan Handphone Anda di luar kamar tidur atau di tempat yang tidak mudah dijangkau.
4. Ganti aktivitas menatap layar dengan membaca buku, mendengarkan musik lembut, atau bermeditasi.
5. Jika Anda mengalami kesulitan tidur yang kronis, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Dalam era digital yang serba cepat ini, sulit untuk benar-benar lepas dari genggaman gadget. Namun, demi kesehatan yang lebih baik, kita perlu membatasi penggunaan Handphone, terutama sebelum tidur.

Dengan mengurangi paparan cahaya biru, radiasi, dan distraksi dari notifikasi, kita dapat menciptakan lingkungan tidur yang lebih kondusif. Ingat, tidur yang berkualitas adalah investasi terbaik untuk kesehatan kita.

Claudia