JEPARA(SUARABRU.ID) – SDN 4 Jambu, Kecamatan Mlonggo, memperoleh penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional Tahun 2024. Penghargaan yang diterima dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya serta Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim itu akan menjadi inspirasi bagi satuan pendidikan tingkat SD dan SMP di Jepara.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Jepara Ali Hidayat pada Rabu (3/10/2024).

“Penghargaannya baru diterima kemarin. Jadi pagi ini baru sampai di Jepara. Tentu ke depan menjadi inspirasi semua satuan pendidikan SD dan SMP di Jepara. Semoga demikian,” kata Ali Hidayat.

Secara pribadi, kata Ali Hidayat, capaian SDN 4 Jambu mengingatkannya saat lima tahun bertugas sebagai Kepala Unit Pelaksana Teknis Disdikpora Kecamatan Kembang. “Dari 2013 sampai 2018, setiap tahun ada sekolah yang mendapat Adiwiyata Nasional,” kata dia.

Kepala Sekolah SDN 4 Jambu Sri Khasanah mengatakan, penghargaan itu dia terima di Gedung Manggala Wanabakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI pada Selasa (2/10/2024). Dia di Jakarta sejak sehari sebelumnya untuk mengikuti rangkaian acara yang dilaksanakan KLHK

“Mulai dari pameran dan coaching clinic dengan tema ‘Peduli Lingkungan, Berbudaya Hijau’ sampai gelar wicara dengan tema ‘Peduli Lingkungan, Berbudaya Hijau’ yang dilaksanakan di gedung yang sama,” kata Sri Khasanah saat ditemui wartawan di sekolahnya.

Pada kesempatan itu hadir juga unsur pelaksana program Adiwiyata dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jepara, Koordinator Satkordikcam Mlonggo Nuryadi, dan salah satu guru pendamping siswa dalam program Adiwiyata di SDN 4 Jambu, Sri Rejeki.

“Kami bersyukur, berbagai kegiatan terkait Adiwiyata yang kami laksanakan di sekolah, berbuah penghargaan ini. Saya melanjutkan program yang telah berjalan sejak tahun 2018, yakni sekolah sehat diikuti program Adiwiyata. Kami berusaha membangun kesadaran arti pentingnya kelestarian lingkungan hidup dan berpola hidup sehat sejak dini kepada siswa kami,” jelasnya.

Pada tahun 2018, SDN 4 Jambu menjadi juara 3 Sekolah Sehat tingkat Kabupaten Jepara. Pada tahun yang sama, terpilih juga sebagai Sekolah Adiwiyata Tingkat Kabupaten Jepara. Berikutnya menerima penghargaan Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2023.

Sejumlah kegiatan yang dilakukan di sekolah dalam program Adiwiyata di antaranya konservasi energi dengan kampanye dan praktik konservasi energi di lingkungan sekolah; konservasi air dengan sosialisasi ke ibu-ibu PKK di sekitar lingkungan sekolah serta memanfaatkan aliran air wudu untuk menyiram tanaman.

Berikutnya, berbagai kegiatan penghijauan lingkungan sekolah; pemilahan dan daur ulang sampah; pembuatan pupuk kompos; hingga inovasi pembelajaran pengolahan makanan dari batang pisang.

“Semua kami tuangkan dan terdokumentasi dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) di sekolah. Atas berbagai program terkait lingkungan hidup, kami juga memiliki instalasi pemanenan air hujan dan sumur resapan bantuan dari PLTU Tanjungjati B,” kata Sri Khasanah.

Koordinator Satkordikcam Mlonggo Nuryadi berharap perolehan penghargaan ini dapat menumbuhkan semangat untuk menjaga sekolah yang bersih  dan sehat. Juga menjadikan sekolah yang nyaman dan ramah anak dalam proses pembelajaran. “Kami harap keberhasilan ini bisa menebar aura positif bagi sekolah lain di Kecamatan Mlonggo untuk menuju Sekolah Adiwiyata berjenjang mulai Adiwiyata Kabupaten, Provinsi, hingga Nasional dan Mandiri,” katanya.

 

Bakolkopi