Kegiatan ngobrol cerdas bersama Razilu (Ngobraz). Foto: Humas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Untuk bisa memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat, maka Aparatur Sipil Negara (ASN) harus prima.

Penegasan ini disampaikan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Hukum dan HAM, Razilu pada acara Ngobrol Cerdas Bersama Razilu (Ngobraz) yang diinisiasi oleh Balai Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan HAM Jawa Tengah, Selasa (1/10/2024).

“Bagaimana mau memberikan pelayanan yang prima, kalau kita sendiri tidak prima. Maka dari itu, kita semua harus menjadi ASN yang prima,” tegas Razilu.

Prima menurut Kepala BPSDM Kumham, bisa dikorelasikan dengan sangat baik dan utama. Dan untuk menjadi Insan Pengayoman yang prima, sangat baik serta handal, lanjut Razilu, ASN Kemenkumham harus cerdas.

Bicara “Cerdas”, Razilu mencoba menjadikan kata tersebut sebagai sebuah akronim yang mempresentasikan sifat dan sikap yang harus dimiliki oleh ASN Kemenkumham.

Razilu menguraikan, “Cerdas” merupakan kepanjangan dari Ceria, Energik, Responsif, Dedikatif, Adaptif dan Sinergitas.

Ceria atau penuh kebahagiaan adalah sikap yang mesti dimiliki untuk memberikan pelayanan prima. Secara logika, ulas Razilu, keceriaan dan kebahagiaan yang dirasakan akan memberikan aura positif dan bisa menjadi pendorong dalam meningkatkan kualitas pelayanan.

Sama halnya dengan ceria, pelayanan prima juga membutuhkan energi yang besar. Semangat dalam bekerja, tegas Razilu, harus ditopang dengan energi energi yang besar.”Energi adalah modal untuk kita semangat dalam bekerja,” tegas Razilu.