UKSW teken kerja sama dengan Aptisi wilayah VI Jawa Tengah, fasilitatori leadership summit. Foto: UKSW

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Dalam upaya mengembangkan sumber daya kampus, Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) sepakat menjalin kerja sama dengan Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Wilayah VI Jawa Tengah, di Hotel Grasia Semarang, Kamis (26/9/2024).

Jalinan kerja sama ini diwujudkan dalam penandatangan Nota Kesepahaman oleh Rektor UKSW Prof. Intiyas Utami dan Ketua Aptisi Wilayah VI Jawa Tengah Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom.

Penandatangan Nota Kesepahaman yang dirangkai dengan kegiatan “Leadership Summit” ini dihadiri oleh Kepala Layanan Lembaga Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI Bhimo Widyo Andoko, S.H., M.H.

Hadir dalam kegiatan dari pihak UKSW yaitu Kepala Penjaminan Mutu (LPM) Dr. Adita Sutresno, S.Si., M.Sc., Direktur Direktorat Penjaminan Mutu Pendidikan (DPMP) Arthik Davianti, S.E., M.Si., Ph. D., dan Direktur Direktorat Penjaminan Mutu dan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPM2P) Ns. Rosiana Eva Rayanti, S.Kep., MSN. Sedangkan dari Aptisi Wilayah VI Jawa Tengah dihadiri oleh Prof. Dr. Y. Sutomo selaku sekretaris.

Tertuang dalam Nota Kesepahaman, kerja sama ini bertujuan untuk melaksanakan dan meningkatkan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, memberikan kesepahaman bagi kedua pihak untuk mengimplementasikan ilmu pengetahuan, teknologi, pengembangan kelembagaan, serta peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, ruang lingkup dalam jalinan kerja sama ini meliputi pelatihan untuk penguatan tata kelola dan pendampingan penjaminan mutu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di lingkup Aptisi Wilayah VI Jawa Tengah serta penyelenggaraan kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan kinerja institusi.

Kunci sukses organisasi

Tak hanya melakukan penandatangan Nota Kesepahaman, sebagai bagian dari implementasi kerja sama tersebut, acara dilanjutkan dengan pelatihan “Leadership Summit” yang di fasilitatori oleh UKSW.

Kegiatan yang digelar hingga Jumat (27/9/2024) ini diikuti oleh 27 pimpinan PTS dan yayasan anggota APTISI Wilayah VI Jawa Tengah. Beberapa diantaranya yaitu Universitas Semarang, Universitas Pekalongan, Universitas Duta Bangsa Surakarta, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia (STIE Pari) Semarang, dan Yayasan Pendidikan Hakli Semarang.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom., menyampaikan pelatihan leadership summit yang di fasilitatori oleh UKSW ini diharapkan dapat menambah ilmu dan pengalaman para peserta mengenai strategi pengelolaan perguruan tinggi yang efektif.

“Semoga ilmu dan pengalaman yang dimiliki UKSW dapat ditularkan kepada semua yang hadir di sini. Di mana perguruan tinggi swasta lain dapat berkembang, menghasilkan mahasiswa yang berkualitas, dan meraih akreditasi unggul,” ungkapnya