Kepala SMKN 3 Jepara, Sunaji bersama guru, staf dan siswa. Foto: Agung Riyanto, Guru SMKN 3 Jepara

JEPARA (SUARABARU.ID) – SMKN 3 Jepara melakukan aksi bebersih di lingkungan sekolah dan sungai Kali Wiso dalam rangka World Cleanup Day (WCD), Jum’at, 20 September 2024.

Kepala SMKN 3 Jepara Sunaji, S.Pd, M.Eng menyatakan bahwa dalam rangka WCD, seluruh siswa guru dan staf yang berjumlah sekitar seribu limaratus melakukan aksi bersama sama bersih-bersih di lingkungan sekolah dan juga di sungai kanal Jepara.

Siswi SMKN 3 Jepara bebersih sungai Kanal. Foto: Agung Riyanto, Guru SMKN 3 Jepara

“Tujuan peringatan WCD atau Hari Bersih-bersih Sedunia ini adalah untuk mengaktifkan semua warga sekolah dalam melakukan perubahan sosial terkait sampah yang belum terkelola dengan baik. Semua sektor, mulai dari siswa, guru dan staf SMKN 3 Jepara diajak turut bergabung dalam kegiatan ini.”  Tutur Agung Riyanto, M.Pd koordinator adiwiyata di SMKN 3 Jepara.

Siswa SMKN 3 Jepara bersama hasil sampah bebersih di Sungai Kanal Jepara. Foto: Badri, Guru SMKN 3 Jepara

Sedikit demi sedikit sampah yang ada di sungai kanal diambil dengan menggunakan perahu kecil, sedangkan sampah yang ada di bantaran sungai dibersihkan dengan sapu lidi dan tangan seadanya dengan cara gotong royong, tanpa menggunakan alat berat. Sampah yang sudah terkumpul dimasukkan ke kantong kantong dipilah organik, anorganik dan residu.

Guru SMKN 3 Jepara bersiap mengikuti WCD . Foto: Agung Riyanto, guru SMKN 3 Jepara

Sampah organik dibawa ke rumah kompos untuk diproses menjadi pupuk kompos,, sedangkan sampah anorganik dibawa ke bank sampah, dan sampah residu diangkut oleh truk sampah milik Dinas Lingkungan Hidup Jepara.

Aksi bersih sungai ini sangat penting untuk menjaga lingkungan, terutama sungai supaya tetap asri dan lestari, apalagi jelang musim penghujan, sungai yang dangkal dan banyak sampah sangat berpotensi mengakibatkan banjir.

Siswa Sportapala mengumpulkan sampah anorganik . Foto: Agung Riyanto, guru SMKN 3 Jepara

Selain bebersih di sungai kanal, siswa, guru dan staf SMKN 3 Jepara juga melakukan kebersihan di sekitar sekolah, bahkan juga ada kegiatan menanam tanaman penghijauan seperti pucuk merah, kamboja, asoka, rumput jepang dll,  dengan demikian sekolah menjadi hijau, bersih dan nyaman untuk kegiatan belajar mengajar.

Hadepe/Agung Riyanto

http://bit.ly/Pilkada2024KPPS