Siswa SMPN 1 Welahan antuias menyaksikan sulap yang digelar dalam rangka sosialisasi anti narkoba.

JEPARA (SUARABARU.ID) – Ratusan peserta didik SMPN 1 Welahan mengikuti kegiatan sosiaslisasi bahaya narkoba dari tim sulap. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Sabtu, 14 September 2024 dan bertempat di lapangan tengah SMPN 1 Welahan.

Kegiatan sosialisasi narkoba merupakan kegiatan penting yang dilakukan dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba. Namun, dalam kegiatan sosialisasi kali ini SMPN 1 Welahan memilih cara yang baru dan berbeda.

Magic Show Group saat sosialisasikan anti narkoba di SMPN 1 Welahan

Tidak seperti kegiatan sosialisasi sebelum-sebelumnya, yaitu dengan cara tradisional. Cara tradisonal yang dimaksud, seperti ceramah atau presentasi, karena cara tradisional terkadang kurang menarik audien muda terlebih di kalangan peserta didik di jenjang SMP.

Salah satu pendekatan inovatif yang dipilih SMPN 1 Welahan dalam kegiatan sosialisasi bahaya narkoba kali ini, yaitu dengan menggunakan media sulap. Media sulap dipilih karena teknik-teknik sulap tidak hanya menarik perhatian, tetapi juga bisa menyampaikan pesan secara efektif dan menyenangkan. Lebih-lebih pada penampilan yang lucu dan menarik dari si pesulap, sehingga membuat semua pserta didik sangat antusias mengikuti kegiatan sosiaslisasi tersebut.

Menggunakan media sulap dalam kegiatan sosiaslisasi narkoba merupakan metode yang  kreatif dan efektif untuk menarik perhatian audien muda, terutama peserta didik di jenjang SMP. Dengan memadukan hiburan dan pendidikan, pesan-pesan tentang bahaya narkoba dapat disampaikan dengan cara yang lebih menarik dan memikat.

Melalui penampilan sulap yang dirancang dengan baik, diharapkan peserta didik dapat lebih memhami pentingnya pencegahan penyalahgunaan narkoba dan menerapkan pengetahuan atau ilmu yang sudah didapat tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, dengan menggabungkan pesan hidup sehat dan berprestasi tanpa narkoba dalam sulap, kita dapat menyampaikan pesan penting ini dengan cara yang menarik dan menghibur, sehingga lebih mudah diterima oleh berbagai kalangan terutama generasi muda.

Hadepe –  Isnaini Rofiqotusy Syarifah, S.Pd.