Ilustrasi pemain hadrah (Foto: timesindonesia.co.id).

JEPARA (SUARABARU.ID)- Banyak cara dilakukan umat muslim untuk menunjukan rasa cintanya kepada Kanjeng Nabi Muhammad SAW di bulan Rabiul Awal atau bulan Maulid ini.

Salah satu yang dilakukan oleh Pimpinan Cabang Ikatan Seni Hadrah Indonesia Nahdlatul Ulama (PC ISHARI NU) Kabupaten Jepara adalah dengan menggelar Safari Maulid di Karimunjawa.

Safari Maulid yang akan dilaksanakan pada 14 – 17 September 2024 / 10 – 13 Rabi’ul Awal 1446 ini merupakan salah satu program banom NU yang bergerak di bidang seni hadrah tersebut.

“Kami bersama-sama teman-teman Ishari mengajak dan membaur dengan masyarakat untuk bersalawat serta menambah kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW, terlebih di Karimunjawa dan Kemujan”, ujar Miqdad Syaroni, Plt. Sekretaris PC Ishari NU Jepara.

“Dalam momentum bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW, menyatu dengan adat dan tradisi yang ada di masyarakat, kita meneladani dan meniru akhlak Nabi untuk diaplikasikan dalam kehidupan”, lanjut Miqdad.

“Kebetulan safari maulid kali ini akan dibarengi dengan tradisi budaya perayaan Maulid Nabi pada masyarakat Karimun yang bernama ‘Todok Telok’. Sebuah tradisi yang dibawa oleh para pendatang terutama suku Bugis yang telah lama mendiami pulau Karimunjawa”, terang Miqdad.

Dalam perkembangannya, To’dok Telok tidak sekedar perayaan khusus suku Bugis, tetapi juga dirayakan bersama suku-suku lainnya. Selain Upacara Adat perayaan Maulid, To’dok Telok juga merupakan media silaturahmi antar suku yang mendiami Kepulauan Karimunjawa.

Di Kepulauan Karimunjawa khususnya desa Kemojan terdapat banyak suku yang mendiami desa tersebut, diantaranya adalah suku Bugis, suku Mandar, suku Madura, suku Jawa, dan suku-suku lainnya.

Berikut ini jadwal rundown Safari Maulid PC Ishari NU Jepara selama di Karimunjawa :

  1. Sabtu, 14 September 2024
  2. Mushola Nurul Huda Desa Karimunjawa pukul 18.00 WIB
  3. Makam Syeikh Amir Hasan Sunan Nyamplungan Karimunjawa pukul 20.00 WIB
  4. Ahad, 15 September 2024
  5. Makam Sayyid Abdulloh desa Kemujan pukul 07.00 WIB
  6. MTs. dan MA Safinatul Huda 2 pukul 08.00 WIB
  7. Tadabbur alam dengan bersalawat di perairan laut Kemujan pukul 10.00 WIB
  8. Mushola Roudhotul Mubtadi Kemujan pukul 18.00 WIB
  9. Senin, 16 September 2024
  10. Ritus Todok Telok di Masjid dukuh Batulawang Kemujan pukul 07.00 WIB
  11. Ritus Todok Telok di Masjid dukuh Telaga Kemujan pukul 07.00 WIB
  12. Arak-arakan Todok Telok Gon Bajak sampai Alun-alun Batulawang pukul 15.00 WIB.

ua