Warga Papua berjoget bersama anak sekolah, Kamis (5/9/24). Foto: ist

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) – Kelompok seniman Kamoro dari Papua Tengah, melakukan aktivitas ke kelompok seniman pahat di Kabupaten Magelang,  Kamis (5/9/2024). Yakni ke kelompok ukir bambu Desa Kebonsari, Kecamatan Borobudur dan kelompok seni Gadhung Melati di Desa Sengi, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang.

Kegiatan srawung budaya itu  sebenarnya merupakan acara workshop sekaligus silaturahmi yang dilakukan antar kelompok seniman. Dilakukan sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Festival Bumi Atsanti (FBA) III tahun 2024, yang secara resmi akan dibuka pada Jumat (6/9)2024).

Andi Widiatmoko, koordinator lapangan Yayasan Atsanti, mengatakan, istilah srawung sengaja dipakai karena aktivitas workshop dalam FBA. Srawung dalam bahasa Jawa bermakna berinteraksi, bersosialisasi, bergaul dengan orang lain. “Selain menambah keterampilan, workshop berlabel srawung budaya itu terdapat pertukaran pengetahuan lintas suku, agama, dan daerah,” ujarnya, dalam kegiatan srawung budaya di Desa Kebonsari, Kecamatan Borobudur.

Kegiatan workshop itu juga semakin menambah warna dalam FBA, karena baru dilakukan di tahun ini. Srawung, menurut dia, juga tidak bisa sekedar diartikan bergaul, namun mengenal lebih dekat dan dalam.

Tidak hanya dalam workshop, srawung sebenarnya juga sudah dilakukan dalam aktivitas kesenian, kebudayaan yang dilakukan Yayasan Atsanti. Diwujudkan dengan mempertemukan para seniman dari berbagai penjuru Nusantara.

Beraksi

Di Desa Kebonsari, seniman Kamoro terlebih dahulu beraksi menunjukkan kebolehannya, dengan mengukir di berbagai bahan kayu yang telah dibawa dari Papua. Sembari memahat, sejumlah warga dari berbagai desa di Kecamatan Borobudur termasuk Desa Kebonsari, kemudian mengajak mengobrol, menanyakan berbagai hal terkait ukiran, termasuk menanyakan perihal jenis kayu dan motif ukiran.

Sejumlah warga juga tertarik untuk ikut mencoba mengukir kayu. Antara lain dilakukan oleh Suradi, perajin bambu asal  Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur. Dia ingin melanjutkan pekerjaan Aneklitus, asal Kota Timika, yang ketika itu tengah mengukir motif sejumlah segi empat.

Seniman suku Kamoro tersebut mengatakan, dirinya tengah mengukir gambar awan dan pemandangan langit, dan Suradi hanya mengiyakan. “Saya coba saja. Menurut Aneklitus, ini adalah gambar awan, namun bagi saya, sementara motif ini sepintas terlihat bentuk kotak-kotak saja,” ujarnya bergurau.

Setelah itu, kelompok perajin Desa Kebonsari bergantian menerangkan tentang potensi alam berupa 11 jenis bambu yang kemudian dimanfaatkan warga menjadi berbagai ragam kerajinan, mulai dari gelas, gasing, penyaring kopi, hingga penguat audio untuk telepon selular. Warga Desa Kebonsari kemudian juga mengajak semua yang hadir untuk bersama-sama membuat wayang siladan. Adapun, siladan adalah bilah bambu dari lapisan terdalam yang biasanya menjadi sampah buangan karena tidak dipakai untuk bahan kerajinan.

Selanjutnya, rombongan seniman Kamoro kemudian bergeser ke Desa Sengi, Kecamatan Dukun. Diterima oleh pimpinan sanggar
Gadhung Mlati, Ismanto. Pertemuan itu dimulai dengan sesi perkenalan singkat dan langsung dilanjutkan dengan praktik membuat alat pahat dan praktek memahat batu.

Alat Ukir

Dalam kesempatan itu, Ismanto mengajak semua seniman Kamoro untuk membuat alat ukir sendiri dan tidak tergantung pada persediaan alat pahat yang dijual di toko. Selain memperlihatkan praktik cara membuat, dia pun juga memastikan akan selalu membantu para seniman Kamoro untuk mencoba melakukan hal yang sama.

“Kita harus bisa membuat alat pahat sendiri. Kalau bingung, tenang saja. Nanti saya beri video tutorialnya,” ujarnya.

Ketua Yayasan Maramowe Weaiku Kamorowe, Herman Kiripi, kemudian bergantian menerangkan tentang kerajinan pahat batu yang dibuat oleh para seniman. Kerajinan tersebut biasanya dibuat bermotif gambar leluhur ataupun segala sesuatu yang ada biasa terlihat di sekitar mereka. Seperti pemandangan langit dan hasil tangkapan ikan sungai.

Sebagian kerajinan dibuat menjadi alat musik pukul. Di bagian atasnya ditutup kulit biawak atau ular yang dilekatkan pada kayu. “Sekarang kulit biawak atau ular tersebut direkatkan dengan lem. Namun, di masa lalu, saat belum ada lem, kulit binatang itu direkatkan dengan darah manusia yang dicampur dengan kerang yang sudah menjadi kapur,” ujarnya.

Di tempat tersebut, para seniman Kamoro dan anak-anak, murid Sanggar Gadhung Melati, bergantian menyajikan pentas tari. Terakhir, mereka bahkan melakukan kolaborasi, di mana dua seniman Kamoro menari di depan, diikuti belasan anak di belakangnya yang mencoba menirukan gerakan mereka. Pertemuan itu pun berakhir dengan senyum dari dua kelompok warga berbeda pulau tersebut. Srawung budaya berakhir dengan gembira.

Eko Priyono