Peserta KSM dan MSQ dari MAN 1 Wonosobo foto bersama dengan Bupati Afif Nurhidayat. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Sejumlah 4 siswa MAN 1 Wonosobo akan mengikuti ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dan Musabaqah Syarhil Quran (MSQ) tingkat nasional di Samarinda Kalimantan Timur dan Ternate Maluku Utara pada awal September 2024 mendatang.

Keempat siswa tersebut akan mewakili Jawa Tengah di event KSM dan MSQ tingkat nasional. Mereka sebelumnya telah memenangi ajang yang sama di tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Sebelum berangkat ke Samarinda Kalimantan Timur dan Ternate Maluku Utara, keempat siswa tersebut berpamitan dan minta doa restu kepada Bupati Afif Nurhidayat dan Wakil Bupati M Albar di Pendopo Bupati dan Wakil Bupati, Selasa (27/8/2024).

Saat menghadap Bupati dan Wakil Bupati, mereka didampingi Kepala Kemenag Wonosobo Panut, Kasi Penmad Kemenag Mahbub, Kepala MAN 1 Sunaryo, Kabag Kesra Setda Slamet Faizi, guru pembimbing dan segenap pengurus Komite MAN 1 Wonosobo.

Siswa MAN 1 Wonosobo yang akan ikut KSM nasional, yakni Arini Karimatunnikmah (KSM Matematika) dan Syamsul Ma’arif (KSM Fisika). Sedang Najma Felisa Oktavia
dan Ambarwati Ayuning Tyas akan mengikuti MSQ.

Pesan Bupati

Peserta KSM dan MSQ dari MAN 1 Wonosobo berpamitan dengan Wakil Bupati M Albar. Foto : SB/Muharno Zarka

Kepala Kantor Kemenag Wonosobo Panut menyampaikan pihaknya meminta doa restu kepada Bupati dan Wakil Bupati agar anak-anak yang akan mengikuti KSM dan MSQ diberi kesehatan dan kemudahan. Bisa meraih prestasi sesuai yang diharapkan.

Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat berpesan kepada peserta KSM dan MSQ untuk menjaga kesehatan dan istirahat yang cukup. Sehingga ketika nanti tampil di ajang KSM dan MSQ kondisi tubuh sehat dan fresh agar bisa meraih juara.

“Saya ucapkan selamat dan sukses mengikuti KSM dan MSQ. Semoga bisa meraih juara. Jangan lupa sebelum berangkat sungkem pada orang tua untuk minta doa restu dan memohon doa kepada semua Bapak/Ibu guru,” katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Wonosobo M Albar meminta peserta KSM dan MSQ untuk mempersiapkan mental. Sebab, meski persiapan yang lain sudah dilakukan, jika mental tidak kuat, maka bisa down saat mengikuti lomba KSM dan MSQ.

“Apalagi ini ajang tingkat nasional dengan persaingan yang cukup ketat. Terima kasih kalian telah membawa nama harum madrasah, Wonosobo dan Jawa Tengah. Tetap optimis dan kuatkan mental sebagai juara. Saya hanya ikut mendoakan semoga sukses di ajang KSM dan MSQ,” pesannya.

Muharno Zarka