Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dan Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih serta Forkompimda pada solawatan pembukaan Pesta Rakyat Kebumen, Jumat (23/8) malam di Alun-alun setempat,(Foto:SB/Prokopim Setda)

KEBUMEN (SUARABARU.ID)-Bupati Kebumen Arif Sugiyanto resmi membuka Even Pesta Rakyat Kebumen (Perak) pada Jumat (23/8) malam di Alun-alun Pancasila.

Pembukaan Perak dimeriahkan dengan solawatan bersama Kiai Mustafid, Gus Johan Amru, dan Group Hadroh Kabumian.

Puluhan ribu orang turut memadati Alun-alun Pancasila Kebumen memeriahkan malam pembukaan Perak yang disertai dengan solawatan itu.

Acara tersebut dihadiri Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih, Forkopimda, Ketua Tim Penggerak PKK Kebumen Iin Windarti Arif Sugiyanto  Pimpinan Sementara DPRD Kebumen Fitria Handini, Sekda Edi Rianto, serta pimpinan OPD.

Bupati mengatakan, Perak merupakan even rakyat yang berlangsung selama tiga hari mulai Jumat 23 Agustus sampai Minggu 25 Agustus 2024.

Selain menampilkan pameran produk unggulan Tim Penggerak  PKK di 26 kecamatan dan UMKM, even ini juga menghadirkan konser musik Jamrud. Untuk hadir dan nonton di event ini semua serba gratis.

“Malam ini kita buka dengan solawat dan doa bersama. Jadi setiap even seperti halnya Perak dan Kebumen International Expo (KIE), itu pasti selalu ada solawatannya. Karena ini menunjukan jati diri kita sebagai warga Kebumen yang beriman dan berakhlak,”ujar Arif Sugiyanto.

Ribuan orang menghadiri solawatan di Alun-alun Kebumen, Jumat 23/8 malam.(Foto:SB/Prokopim Setda)

Menurut Bupati, Perak bertujuan meningkatkan roda perekonomian masyarakat, sekaligus memperkenalkan produk-produk unggulan UMKM dan TP PKK di semua kecamatan kepada masyarakat luas. Bupati percaya, even sangat efektif untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

“Ini terbukti pertumbuhan ekonomi Kebumen naik menjadi 5,74 persen atau tertinggi se-Jawa Tengah. Jadi dampaknya memang benar-benar ada, inilah yang harus kita tangkap. Kita harus bisa berupaya agar ekonomi semakin tumbuh, salah satunya dengan memperbanyak event,”ujarnya.

Perak ini sudah berlangsung kemarin sejak Jumat (23/8) pagi dengan kegiatan seminar UMKM di Pendopo Kabumian.  Siangnya dilanjutkan  tarian tradisional Ebeg atau kuda kepang, dan opening dilaksanakan pada malam harin.

Dengan mengambil tema PKK Peduli UMKM, Perak menyediakan 150 stand untuk 26 perwakilan TP PKK kecamatan dan 217 UMKM. Selain itu ada fashion show dari TP PKK, barongsai, kemudian konser musik bersama Jamrud pada Sabtu malam 24 Agustus.

Di hari terakhir, Minggu (25/8) bakal ada kegiatan senam pagi dengan KORMI, lalu Gebyar PAUD, dan Perlombaan Barberfest.

Komper Wardopo