Momen Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menyerahkan piala penghargaan kepada Aipda Andi Prasetyo Hartanto Putro sebagai juara pertama Lomba Monolog Penyuluhan Hukum Tingkat Mabes Polri 2024. Foto : dok Aipda Andi Prasetyo.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Seorang personel Polres Grobogan, Aipda Andi Prasetyo Hartanto Putro mendapatkan penghargaan atas prestasinya dalam Lomba Monolog Penyuluhan Hukum tingkat Mabes Polri 2024.

Aipda Andi Prasetyo, begitu akrab disapa, menjadi juara satu dalam lomba yang diadakan tingkat Mabes Polri. Ia menerima penghargaan tersebut pada Jumat (23/8/2024) di The Tribrata Dharmawangsa Jakarta.

Saat dihubungi, Aipda Andi Prasetyo mengaku sangat senang dan bangga mendapatkan juara pertama dalam Lomba Monolog Penyuluhan Hukum di tingkat Nasional ini.

BACA JUGA : 121 Pangkalan Pramuka LP Ma’arif Siap Meriahkan Persimanu 1 Kabupaten Jepara

“Saya ikut lomba ini karena ingin meningkatkan kompetensi sebagai anggota Polri di tingkat Polda Jateng dan Polres Grobogan di kancah nasional,” tutur Aipda Andi Prasetyo, Sabtu (24/8/2024).

Dipaparkan Aipda Andi, dalam lomba Monolog Penyuluhan Hukum ini ia mengambil tema Peraturan Kepolisian Nomor 8 Tahun 2021 tentang penanganan tindak pidana berdasarkan keadilan restorative justice.

Restorative justice adalah pendekatan penyelesaian perkara pidana dengan menekankan pada pemulihan kembali keadaan bukan pembalasan. Fokus restorative justice ini setidaknya ada tiga. Pertama, memperbaiki kerugian yang disebabkan oleh kejahatan dengan melibatkan korban. Kedua, melihat pertanggungjawaban pelaku. Terakhir, mencegah terjadinya kerugian yang serupa di masa mendatang,” tambah Aipda Andi.

Aipda Andi mengatakan dirinya bisa mengikuti lomba tersebut dan sampai ke titik dimana mendapatkan penghargaan sebagai juara satu tidak lepas dari dukungan penuh dari Kabid Hukum Polda Jawa Tengah dan juga pimpinannya di Polres Grobogan yakni AKBP Dedy Anung Kurniawan.

“Semua ini karena dukungan dari Kabid Hukum Polda Jawa Tengah Bapak AKBP J Setiawan Widjanarko dan juga Bapak Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan, keluarga saya dan juga rekan-rekan saya di Polres Grobogan,” tambah Aipda Andi.

Aipda Andi Prasetyo Hartanto Putro berharap prestasinya ini bisa terus dipertahankan dan memotivasi rekan-rekannya. Foto: Ist.

Pria yag kini bertugas sebagai PS Kasubsi Bankum Sikum Polres Grobogan ini berharap, prestasi yang diraihnya ini bisa dapat memotivasi rekan-rekan lainnya, terutama dalam mendukung Indonesia Emas 2045 mendatang.

“Semoga prestasi yang kami dapatkan lomba ini dapat memberikan motivasi untuk para personel Polres Grobogan untuk meningkatkan kompetensi untuk mendukung Indonesia emas tahun 2045,” papar Aipda Andi.

Aipda Andi juga berharap jika diberikan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan lagi setingkat Perwira, ia berusaha untuk mempertahankan prestasinya.

“Ada keinginan untuk bisa pendidikan lagi, tetapi ya kita lihat ke depan saja. Misalnya ada kesempatan, semoga prestasi yang saya dapatkan tadi, bisa terus saya pertahankan,” ujar Aipda Andi.

BACA JUGA : 105 Tahun ABA Mencerdaskan Bangsa, Umi Kultsum: Semoga Tetap Eksis

Apresiasi

Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan mengatakan, ia bersama jajarannya di Polres Grobogan mengapresiasi prestasi yang diraih Aipda Andi Prasetyo tersebut. Pria asal Pati ini menjelaskan bahwa prestasi yang diraih anggotanya tersebut diawali dengan mengikuti seleksi di tingkat Polda Jateng.

“Jadi Lomba Debat Hukum dan Lomba Monolog Penyuluhan Hukum yang digelar Divisi Hukum aMabes Polri ini, dimana Aipda Andi Prasetyo Hartanto Putro yang saat ini bertugas sebagai PS Kasubsi Bankum Sikum di Polres Grobogan mendapatkan juara satu dalam Lomba Monolog Penyuluhan Hukum,” ujarnya.

Kapolres berharap, apa yang diraih Aipda Andi Prasetyo ini bisa memotivasi para personel Polres Grobogan lainnya untuk berani tampil dengan berbagai bakat yang dimiliki oleh masing-masing.

TYA WIEDYA