Bupati Grobogan mengecek kesiapan pasukan bersama Ka polres BBM dan Dandim. Foto: Tya Wiedya

GROBOGAN (SUARABARU.ID) –  Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Mantap Praja 2024 digelar di Halaman Setda Grobogan, Jumat 22 Agustus 2024.

Apel diikuti ratusan personel gabungan, dan hadir dalam apel Operasi Mantap Praja ini Bupati Grobogan Sri Sumarni, Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan beserta jajarannya, Dandim 0717 Grobogan Letkol Arh Muda Setyawan dan jajarannya serta kepala OPD terkait se-Kabupaten Grobogan.

Bupati Grobogan Sri Sumarni dalam.sambutannya mengatakan, seluruh stakeholders terkait dan masyarakat punya tanggung jawab besar untuk memastikan gelaran Pilkada Yang digelar serentak 27 November 2024 mendatang.

“Seluruh stakeholders terkait dan masyarakat memiliki tanggung jawab yang besar untuk memastikan bahwa proses demokrasi ini berjalan dengan aman, tertib, dan lancar, ” ungkap Sri Sumarni.

Orang nomor satu di Kabupaten Grobogan ini mengatakan, seluruh personel yang terlibat dalam pelaksanaan operasi ini dapat menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab, profesional dan mengedepankan netralitas dan menjaga integritas.

Tidak hanya itu, Sri Sumarni menegaskan, pengamanan Pilkada ini bukan tugas yang ringan. Karenanya, perlu adanya sinergitas antara seluruh elemen, baik TNI, Polri, Pemerintah Daerah maupun seluruh lapisan masyarakat sangat diperlukan.

“Mari kita bersama-sama menjaga suasana yang kondusif, dan mencegah hal-hal yang dapat mengganggu kelancaran proses Pilkada,” ujar Bupati.

120 Personel

Pada pelaksanaan Operasi Mantap Praja Candi (OMPC) 2024 pada tahap awal akan dikershkan sebanyak 120 personel. Jumlah tersebut akan bertambah saat sudah memasuki masa kampanye.

“Saat pelaksanaan kampanye, kita libatkan kurang lebih 380 personel,” kata Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan.

Untuk persiapan pengamanan Pilkada 2024, Kapolres mengatakan Polres Grobogan telah melakukan beberapa kegiatan mulai dari Pra Operasi, Sispamkota, Latihan Dalmas, Raimas, Patroli Sinergitas TNI-Polri, patroli dialogis dan razia miras.

“Untuk cooling system Pilkada 2024, Polres Grobogan telah melakukan kegiatan curhat kamtibmas, silaturahmi tokoh agama, Tabligh Akbar Polres Grobogan dalam rangka Pilkada Damai 2024 serta penyaluran sembako pada masyarakat. Harapannya, Pilkada 2024 dapat berlangsung dengan aman, damai dan kondusif,” pungkas pria asal Pati ini.

Tya wiedya