Kapolres Kebumen AKBP Albertus Recky Robertho memasang tanda kepada anggota pada Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Candi 2024-2025, Jumat (23/8).(Foto:SB/Humas Polres)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Menjelang Pilkada serentak, Polres Kebumen melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Candi 2024-2025, Jumat (23/8).

Apel gelar dilaksanakan di Alun-alun Pancasila Kebumen.  Peserta personel Polres Kebumen, Kodim 0709 Kebumen, Pemkab Kebumen, Linmas, Ormas, hingga unsur terkait yang terlibat dalam pengamanan pemilu.

Kapolres Kebumen AKBP Albertus Recky Robertho saat memimpin apel gelar mengungkapkan, apel yang dilakukan merupakan bentuk kesiapan Polres Kebumen dalam melaksanakan gelaran pesta demokrasi Pilkada yang semakin dekat.

“Apel gelar yang kita laksanakan ini untuk meyakinkan masyarakat, bahwa dari aparat keamanan, TNI, Polri, serta stakeholder terkait siap melaksanakan pengamanan tahapan Pilkada,”jelas AKBP Recky.

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto bersama Forkompimda menghadiri Apel Gelar Pasukan Mantap Praja Candi 2024-2025, Jumat (23/8).(Foto:SB/Humas Polres)

Pada apel tersebut hadir Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, Dandim 0709 Kebumen Letkol Czi Ardianta Purwandhana, Kajari Kebumen Endi Sulistiyo serta Pimpinan Sementara DPRD Kebumen Muhammad Fauhan Fawaqi.

Menurut Kapolres, Polres Kebumen menyiapkan kurang lebih 600 pasukan, serta akan mendapat BKO dari Polda maupun TNI. Namun pada saat pencoblosan, kurang lebih akan diisi 6.000 personel pengamanan hingga tingkat TPS.

Pada Pilkada 2024-2025, Kapolres berpesan kepada masyarakat untuk ikut menjaga siuasi kondusif di wilayah masing-masing. Termasuk penyelenggara Pemilu dan media agar bersinergi membuat iklim sejuk di Kebumen.

Senada diungkapkan Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, adanya apel gelar yang dilaksanakan termasuk bentuk kesiapan aparatur negara, serta penggalangan terhadap Ormas untuk menyukseskan dan membuat damai pemilu.

“Dengan adanya gelar pasukan diharapkan masyarakat dapat terayomi dan terlayani dengan baik,” ujar Arif Sugiyanto.

Sedangkan Dandim 0709 Kebumen Letkol Czi Ardianta Purwandhana menambahkan, pihaknya telah menyiapkan 700 personel yang akan mengamankan jalannya rangkaian Pilkada di Kebumen.

Dandim  berpesan kepada anggota Kodim 0709 Kebumen, sesuai penekanan Panglima TNI, agar netral tidak memihak kepada paslon mana pun saat perhelatan Pilkada.

“Kami akan menindak tegas kepada anggota, terhadap pelanggaran netralitas TNI. Saya harapkan masyarakat Kebumen yakin, bahwa kita TNI Polri netral dan kita tetap menjaga iklim kondusif di wilayah Kebumen,”tandas Letkol Czi Ardianta Purwandhana.

Setelah apel dilaksanakan, segenap Forkopimda melakukan pengecekan pasukan yang akan dilibatkan dalam pengamanan.

Termasuk kendaraan patroli Polri juga dilakukan pengecekan untuk mengetahui kesiapan menyeluruh pengamanan rangkaian Pilkada serentak 2024-2025.

Komper Wardopo