Warga Desa Pelem, Kecamatan Gabus, Grobogan antre untuk mendapatkan air bersih. Foto: dok relawan

GROBOGAN (SUARABARU.ID)– Warga Desa Pelem di Kecamatan Gabus, Kabupaten Grobogan, saat ini mengalami kekurangan air bersih akibat kekeringan musim kemarau.

Tiga buah tanki berkapasitas 8.000 liter air bersih datang dan disambut suka cita warga yang memang sangat membutuhkannya.

Kehadiran bantuan air bersih dari relawan Bocahe Bapak, pendukung calon gubernur Ahmad Luthfi ini sangat dinantikan oleh masyarakat Desa Pelem, Kecamatan Gabus, Kabupaten Grobogan.

Pasalnya, sejak bulan Juni 2024, wilayah mereka mengalami kekeringan hingga berdampak pada kurangnya air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

Kekeringan ini akibat datangnya musim kemarau. Hal itu membuat warga mau tidak mampu membeli air bersih untuk kebutuhan sehari-hari, yang jumlahnya terbatas karena harganya yang mahal.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat Desa Pelem, tim relawan Bocahe Bapak menyalurkan 24 ribu liter air bersih untuk warga yang berada di tiga RT yang berada di RW 8 atau tepatnya di Dusun Wonorejo.

Warga yang sejak pagi sudah menata gentong, galon dan jerigen sebagai tempat penampungan air langsung mengantre untuk diisikan air bersih.

“Sudah dari Juni kemarin kita kehabisan air. Sumber air sudah kering. Alhamdulilah, dapat bantuan dari relawan Tim Bocahe Bapak,” ujar Karyati, warga setempat.

Menurut Karyati, bantuan air bersih ini sangat bermanfaat karena dapat digunakan untuk mencuci, masak dan juga mandi.

“Bisa untuk kebutuhan sehari-hari, tetapi tetap diirit karena kalau habis, kalau tidak ada bantuan, kami harus beli dan harganya mahal,” jelas Karyati.

Beberapa warga baru mengetahui bahwa relawan Bocahe Bapak adalah pendukung Komjen Ahmad Luthfi, yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Jawa Tengah. Mereka berterima kasih kepada tim relawan atas bantuan air bersih yang datang ke desa mereka.

“Terima kasih kepada tim relawan Bocahe Bapak. Semoga berkah selalu. Kami juga berharap Pak Ahmad Luthfi bisa dapat maju di Pilgub Jawa Tengah 2024 nanti,” harap warga setempat.

Sementara itu, Kepala Desa Pelem, Siswoyo mengucapkan terima kasih atas partisipasi tim relawan Bocahe Bapak. Menurutnya, bantuan air bersih ini bermanfaat bagi masyarakat di RW 8 yang membutuhkan air bersih.

“Terima kasih atas bantuan Tim Bocahe Bapak. Semoga bantuan ini membawa manfaat, berkah dan barokah. Sukses untuk ke depannya,” ujar Siswoyo.

Koordinator Bocahe Bapak Korwilcam Gabus, Winarto mengatakan, bantuan air bersih ini merupakan wujud kepedulian dari tim Bocahe Bapak yang merupakan pendukung Ahmad Luthfi.

Dia mengatakan, bantuan air bersih ini sangat dibutuhkan oleh warga yang mengalami kekeringan di Desa Pelem, Kecamatan Gabus.

“Semoga bantuan ini bisa memberikan manfaat bagi penerimanya,” harap Winarto.

Tya Wiedya