Disnakertrans yang menggandeng calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) dalam karnaval Pembangunan. Foto: Tya Wiedya

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Kabupaten Grobogan Kembali menggelar karnaval pembangunan, kalini ini, Selasa 20 Agustus 2023, untuk kategori SMA/MA dan Badan/Instansi.

Karnaval Pembangunan ini digelar dalam rangka Hari Kemerdekaan ke 79 RI, diikuti 59 peserta yang terdiri dari Badan/Instansi, baik tingkat Pemerintah Kabupaten Grobogan maupun swasta.

Para peserta menampilkan beragam atraksi kesenian di depan Bupati Grobogan Sri Sumarni bersama jajaran Forkopimda dan kepala OPD yang hadir di atas panggung kehormatan.

Dari 59 peserta yang tampil, rombongan yang paling banyak yang dibawa Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Grobogan. Kepala Disnakertrans Grobogan, Teguh Harjokusumo membawa sekitar 700 orang dalam karnaval tersebut.

Sebanyak 700 peserta ini terdiri dari jajaran Disnakertrans Grobogan dan para siswa dari LPK yang ada di wilayah ini. Mereka menampilkan berbagai atraksi dan kostum yang menarik. Bahkan, kostum dari negara tujuan ikut dipamerkan oleh para calon Pekerja Migran Indonesia tersebut, seperti kostum Korea Selatan maupun Jepang.

Sementara, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Grobogan menampilkan kostum patung raksasa bergambar kelelawar atau Dark Tropper. Kostum yang sama ditampilkan oleh para peserta yang turut dalam rombongan tersebut.

Yang unik, Sekretaris DPRD Kabupaten Grobogan, Daru Wisakti berdiri di atas patung yang berwarna serba hitam tersebut. Dari atas, Daru Wisakti menyapa para penonton yang menyaksikan Karnaval Pembangunan dengan melambaikan tangan.

Diponegoro Sulit Turun dari Kuda

Ada yang unik juga dalam kegiatan tersebut, yakni pada saat iring-iringan Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan. Terlihat, Wahono yang Sekretaris Dinas Pendidikan tampak kesulitan turun dari kuda karena kostum Pangeran Diponegoro yang dipergunakannya.