Lie Grace Nathalia T dan Cynthia Trubus Oktaviani tengah berlatih di Vietnam, dengan dipantau Sensei Nguyen Tai. Foto: dok/littatheresia

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Pelatih Tim Judo Jawa Tengah yang dipersiapkan berlaga di PON XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara, Litta Theresia mengatakan, para anak-anak didiknya banyak menyerap ilmu usai berlatih di Vietnam.

Bekal ilmu itu, diharapkan bisa diterapkan pada event yang dijadwalkan berlangsung pada event empat tahunan, yang dimulai pada September mendatang. Saat ini, tim judo Jateng menyiapkan 14 atletnya, yang akan turun di tiga nomor pertandingan, Kata Putra dan Putri, serta Fighter.

Untuk nomor Juno Kata, Jateng menyiapkan pasangan Lie Grace Nathalia T dan Cynthia Trubus Oktaviani. Keduanya menempa teknik dan fisiknya di Vietnam, didampingi pelatih Kata Sensei Dimas Aribowo.

BACA JUGA: Sudi Abdallah Cedera Berat, PSIS Segera Gelar Rapat Darurat

”Tim Judo Jateng berlatih di Trung Tam Judo Anh Sang, dengan pengawalan pelatih kawakan Sensei Nguyen Tai. Bekal berlatih di Vietnam ini, kami harapkan bisa diterapkan saat pertandingan nanti di PON,” kata Litta dalam keterangannya di Semarang, belum lama ini.

Disampaikan juga, saat ini pihaknya secara intensif terus memantau perkembangan para atletnya, guna menjaga penampilan puncaknya nanti, yang direncanakan berlangsung di Banda Aceh.

Bersama dua pelatih lainnya, Sutarto dan Raden Mas Dimas Aribowo, mantan judoka andalan Jateng ini menyatakan, pihaknya ingin memperbaiki prestasi yang diraih saat PON XX/Papua 2020 lalu.

BACA JUGA: KAI Daop 4 Semarang Lakukan Bersih Lintas dan Sosialisasikan Bahaya Bakar Sampah di Jalur KA

Seperti diketahui, prestasi Jateng di cabor judo pada PON XX/Papua lalu, hanya meraih dua perak dan tiga perunggu. Namun saat berlaga di PON XIX/2016 Jawa Barat, pasangan Juno Kata Lie Grace Nathalia T dan Cynthia Trubus Oktaviani, sukses merebut medali emas. Mereka mengalahkan wakil Jawa Timur dan tuan rumah.

”Kami ingin di PON nanti, Judo Jateng bisa berbicara lebih baik lagi, dengan banyak merebut medali. Doa dan dukungan dari masyarakat sangat kami harapkan, untuk kejayaan Judo Jateng,” pinta Litta.

14 Atlet Judo Jateng:
Kata Putra:
– Eko
– Andika
Kata Putri:
– Cynthia Trubus Octaviani
– Lie Grace Nathalia T

Fighter:
– Rana Dika
– Galih Adiperdana
– Candra
– Dipo Bhaskara
– Sintia Kusuma
– Desi Yudianti
– Nandisia Putri
– Dea
– Amalia Yusuf
– Christian Hadi

Riyan