blank
Lapas Semarang gelar pelatihan kader kesehatan untuk WBP. Foto: Humas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Semarang baru-baru ini melakukan pelatihan kader kesehatan pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Pelatihan ini diselenggarakan guna meningkatkan kualitas pelayanan bidang kesehatan.

Kepala Seksi Perawatan Narapidana, Ari Rahmanto menyampaikan, pelatihan ini untuk membekali kader kesehatan sebagai perpanjangan tangan petugas kesehatan dalam memberikan motivasi dan informasi terkait upaya menjaga kesehatan di Lapas, Rutan maupun LPKA.

“Pelatihan ini untuk membekali kader kesehatan, sebagai perpanjangan tangan petugas kesehatan dalam memberikan motivasi dan informasi upaya menjaga kesehatan di Lapas maupun Rutan,” ujar Ari.

Ari menyebut, ada 37 peserta yang mengikuti pelatihan ini. Dalam pelatihan sendiri dimulai dengan pre-test berisi 10 soal. “Pembentukan kader kesehatan dan pemberian informasi kesehatan merupakan salah satu tindakan yang dapat membimbing sekaligus mengontrol para WBP, sedikit demi sedikit mereka mampu merubah pola perilaku yang tidak sehat,” ujarnya.

“Diharapkan dengan pemilihan kader kesehatan ini menjadikan sikap teladan untuk WBP lainnya agar lebih mawas dengan kesehatan, sehingga dapat mendeteksi dini gangguan kesehatan,” imbuhnya.

Di sesi akhir kegiatan peserta kembali diberikan post-test dengan 10 soal untuk mengukur pemahaman mereka terhadap materi yang telah disampaikan. Dan untuk tiga peserta terbaik juga mendapat doorprize sebagai bentuk apresiasi.

Dalam pelatihan ini disampaikan pemberian materi oleh dokter Klinik Pratama Lapas Semarang yang menyampaikan informasi dasar Tuberkulosis (TBC), Skabies, Infeksi Menulas Seks (IMS), Hepatitis C, Hepatitis A dan Diare, serta Demam Berdarah (DBD).

Ning S