blank
KBO Satlantas Polres Grobogan Ipda Moch Agus Salim saat melakukan sosialisasi di taman Kuliner Purwodadi. Foto: Satlantas Grobogan

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Tertib berlalu lintas itu sejak dari rumah. Demikian imbauan yang disampaikan Satlantas Polres Grobogan dalam sosialisasi terus digencarkan sebagai pencegahan kecelakaan lalu lintas.

Kegiatan sosialisasi di tempat umum ini dilakukan Sat Lantas Polres Grobogan di Taman Kuliner Simpang Lima Purwodadi, Sabtu 4 Agustus 2024.

Di hadapan masyarakat yang tengah menikmati akhir pekan sambil mendengarkan live music di Angkringan Pojok Kulon itu, KBO (Kepala Urusan Pembinaan Operasi) Satlantas Polres Grobogan, Ipda Moch Agus Salim menyampaikan imbauan.

Dalam sosialisasinya, Ipda Moch Agus Salim ini memberikan arahan kepada masyarakat agar tetap mematuhi aturan lalu lintas di jalan raya.

Dengan kepatuhan terhadap lalu lintas itu, maka masyarakat bisa mencegah sejak dini dari adanya kecelakaan.

“Semua itu bisa dilakukan mulai dari rumah kita. Ketika kita bisa mengajarkan tentang bagaimana mematuhi peraturan lalu lintas dan menghormati para pengguna jalan, itu terlihat dari bagaimana pendidikan dalam keluarga masing-masing,” kata Ipda Moch Agus Salim.

Maka dengan adanya pendisiplinan tersebut, tambah Ipda Moch Agus Salim, akan tumbuh cara untuk mencegah kecelakaan lalu lintas dan rumah kita di Kabupaten Grobogan tercipta masyarakat yang tumbuh cinta dan taat terhadap peraturan lalu lintas.

Untari, seorang pengunjung Taman Kuliner Simpang Lima Purwodadi ini mengaku sangat berterima kasih dengan adanya sosialisasi yang digelar Sat Lantas Polres Grobogan di tengah live music tersebut.

“Terima kasih kepada Sat Lantas Polres Grobogan yang mengingatkan kami untuk tetap taat terhadap peraturan lalu lintas yang berlaku. Ada benarnya juga kita mulai dari keluarga dulu dan semoga apa yang disampaikan Pak Polisi tadi bisa kami terapkan terus dari rumah kita,” ujar Untari.

Dimulai dari Rumah Kita

Rumah Kita bukan hanya sekadar lagu yang pernah dipopulerkan God Bless.

Namun, judul lagu ini menjadi inspirasi bagi Sat Lantas Polres Grobogan untuk sosialisasi cegah kecelakaan lalu lintas yang dimulai dari rumah masing-masing.

Kasat Lantas Polres Grobogan AKP Tejo Suwono mengatakan, insiden kecelakaan dapat terjadi karena beberapa faktor, seperti tidak patuh terhadap aturan lalu lintas maupun sisi psikologis dari pengendaranya.

“Maka, setiap keluarga mulai sejak dini membekali diri untuk tetap patuh terhadap peraturan lalu lintas. Semua itu dimulai dari rumah kita. Contoh mudahnya yakni dalam keluarga ada anak yang masih di bawah umur, jangan dipercayakan membawa kendaraan sendiri di jalan raya. Dari sisi umur, anak belum memenuhi persyaratan karena tidak punya SIM,” kata Tejo Suwono.

Sedangkan dari sisi psikologis, tambah AKP Tejo Suwono, anak belum siap mental untuk menghadapi apa yang akan terjadi di jalan raya nanti

“Misalnya jalan ramai, banyak kendaraan dan sebagainya,” imbau AKP Tejo Suwono.

Dirinya berharap masyarakat lebih bijak sejak dini sebelum berkendara di jalan raya.

Dengan adanya pencegahan kecelakaan sejak dini, maka pengendara dapat mengemudikan kendaraannya dengan perasaan yang aman, nyaman dan tenang.
Tya Wiedya