Dalam r pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) dan latihan dasar kepemimpinan ( LDK) SMK Negeri 1 Jepara menggandeng TNI AD dan TNI AL. Foto:Edy S

JEPARA  (SUARABARU.ID) – Dalam rangka masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) dan latihan dasar kepemimpinan ( LDK)  SMK Negeri 1 Jepara menggandeng TNI AD dan TNI AL.  Selain itu juga  didukung PALAPARA ( Paguyuban TNI AL Jepara) dan IKBK ( Ikatan keluarga besar TNI AL Kudus)

Selama tiga hari mulai Kamis – Sabtu , 25-27 Juli 2024 peserta didik SMK Negeri 1 Jepara mendapatkan latihan baris berbaris dan terakhir lomba yel – yel antar kelas dan Sabtu malam dilanjutkan kemah di komplek SMK Negeri 1 Jepara.

Ketua Pelaksana MPLS dan LDDK Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 1 Jepara Tahun Ajaran 2024/2025, Panjang Afra, S.Pd., M.Pd. menjelaskan Keterlibatan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dan Latihan Dasar Disiplin Korps Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 1 Jepara Tahun Ajaran 2024/2025 dapat menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotisme para peserta didik.

“Keterlibatan TNI dalam MPLS dan LDDK ini efektif untuk melatih kedisiplinan peserta didik. Dalam pelaksanaannya, TNI tidak menerapkan cara militer. Kedisiplinan, tanggung jawab, dan kepedulian akan tumbuh seiring berjalannya latihan itu sendiri”, terang Panjang Afra.  Menurut pendapat panjang Arfan , keterlibatan TNI dalam MPLS dan LDDK ini, dapat mengantisipasi masuknya paham radikalisme dan intoleransi.

“Harapan kami, semoga kerjasama antara SMK Negeri 1 Jepara dan TNI AL Dan TNI AD dapat terjalin dengan baik dan lebih ditingkatkan”, pungkas Panjang Arfa.

Dalam latihan PBB dan yel – yel para peserta didik baru SMK Negeri 1 Jepara tampak bersemangat terlebih saat lomba yel-yel semua peserta saling berlomba-lomba menjadi yang terbaik.Dalam lomba yel-yel kelas X NKPI 1 keluar sebagai juara disusul oleh kelas X NKPI 2 dan kelas X TKP 1.

Hadepe – Edy S