blank
Tim unit CSR PT Semen Gresik bersama Kepala Desa Tegaldowo, Kundari, meninjau pembangunan jalan beton di desa Tegaldowo. Foto: Humas SG

REMBANG (SUARABARU.ID) – PT Semen Gresik Pabrik Rembang secara konsisten menyalurkan bantuan klaster infrastruktur melalui kegiatan Forum Masyarakat Madani (FMM) di desa Tegaldowo Kabupaten Rembang.

Total penyaluran operasional pembangunan jalan beton di desa Tegaldowo mencapai Rp 1,55 Miliar dengan jalan beton sepanjang 1,51 kilometer yang pembangunannya terlaksana dari tahun 2021 hingga tahun 2024.

Bantuan tersebut merupakan salah satu dari berbagai dukungan Semen Gresik yang disalurkan dalam kluster infrastruktur, klaster pemberdayaan masyarakat berbasis partisipatif dan klaster Sosial Budaya.

Senior Manager of Communication & CSR PT Semen Gresik, Sulistyono mengatakan, tercatat penyaluran bantuan infrastruktur FMM meningkat dan berkelanjutan dari tahun ke tahun di desa sekitar perusahaan.

“Menurut rincian data program FMM, dari tahun 2021 di dukuh Karanganyar total anggaran Rp 301 juta, tahun 2022 di dukuh Dukoh total anggaran Rp 350 juta, tahun 2023 di dukuh Nglencong total anggaran Rp 450 juta, dan pada tahun 2024 di dukuh Tegaldowo total anggaran Rp 450 juta, dengan total keseluruhan anggaran mencapai Rp 1,55 miliar dan panjang jalan beton 1,51 kilometer,” jelas Sulistyono (25/7).

blank
Tim dari unit CSR PT Semen Gresik melakukan monitoring proses pembuatan jalan rabat beton di Desa Tegaldowo Kabupaten Rembang yang merupakan kegiatan Forum Masyarakat Madani. Foto: Humas SG

Ia menambahkan, dari program FMM tersebut menjadi wujud nyata atas komitmen perusahaan dalam upaya ikut mendorong percepatan pembangunan infrastruktur desa secara berkelanjutan sesuai dengan tujuan SDG’s poin 9 yaitu”Membangun Infrastruktur yang Tangguh”.

“Sehingga, target kami agar mampu menjadi salah satu faktor pendukung pembangunan masyarakat desa yang melibat aktifkan masyarakat desa secara partisipatif mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga monitoring dan evaluasinya. Sehingga tercipta ekosistem sosial yang sehat, ekonomi meningkat dan desa berdaulat,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Tegaldowo Kecamatan Gunem, Kundari, menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya dengan adanya program FMM dari PT Semen Gresik, melalui penyaluran bantuan klaster infrastruktur.

“PT Semen Gresik Pabrik Rembang secara konsisten terus mendukung dan mendorong percepatan pembangunan di desa kami. Maka dengan pembangunan jalan tersebut, harapannya bisa dimanfaatkan oleh para warga untuk mempermudah aktivitas serta meningkatkan perekonomian,” pungkasnya.
Wied