blank
Hadirin yang mengenakan busana adat dan beragam kesenian tradisional, ikut memeriahkan launching maskot Pilkada serentak se Provinsi Jatim yang diawali dari Kabupaten Pacitan.(Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Acara launching maskot Pilkada 2024 Provinsi Jawa Timur Jatim, Rabu sore (24/7/24), dimulai dari Kabupaten Pacitan. Seluruh tamu undangan hadir mengenakan busana adat, juga dimeriahkan beragam kesenian tradisional.

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji hadir dalam event launching kirab maskot Pilkada serentak Jatim di depan Kantor Bupati Jalan Jaksa Agung Suprapto. Peluncuran kirab maskot pilkada serentak Jatim ini, jadi penanda dimulainya event besar pesta demokrasi Pilkada 2024 di Jawa Timur.

“Apresiasi untuk KPU dan jajaran, semoga ini jadi pertanda baik untuk kesuksesan pelaksanaan pilkada serentak di Jawa Timur,” kata Bupati Indrata Nur Bayuaji.

Dalam kesempatan tersebut, Mas Aji (panggilan akrab Bupati Pacitan), mengajak semua pihak berperan aktif mengawal Pilkada sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing. Orang nomor satu di Pacitan ini, berharap tahapan Pilkada berjalan lancar dan kondusif, serta membawa kebaikan dan kemajuan bagi semua.

Hal senada disampaikan Anggota KPU Provinsi Jatim yang membidangi Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat, Nur Salam. Disebutkan, launching kirab maskot Pilkada serentak Jatim ini, menjadi awal dimulainya seluruh pentahapan Pilkada serentak yang akan berlangsung 27 Nopember mendatang.

Menyeluruh

Kabupaten Pacitan, mendapat kehormatan menjadi titik start kirab yang akan berlangsung di seluruh kabupaten/kota se-Jatim. “Hari ini kita mengawali kirab maskot Pilkada serentak Jatim, sebagai tanda dimulainya sosialisasi tahapan dan pendidikan pemilih secara menyeluruh,” ungkapnya.

Maskot Pilkada serentak Jatim 2024 adalah Si Jali (Jatim Memilih) berwujud burung jalak, dengan tagline “Seneng Bareng”. Mengusung tema “Pilkada Serentak Sebagai Sarana Integrasi Keberagaman Budaya di Jawa timur”.

Ini selaras dengan tagline yang diusung Pacitan “Gumregah Jumangkah” dengan maskot Sinampurno. Gumregah Jumangkah berarti bangkit dan melangkah. Pada peluncuran resmi Pilbup Pacitan, Rabu (24/7/24), ditandai dengan pengenalan maskot Pilkada Kabupaten Pacitan, Sinampurno. Juga jingle Pilkada, serta tagline Gumregah Jumangkah.

Dalam Pilkada Kabupaten Pacitan, Ketua KPU Aswika Budhi Arfandy, berharap masyarakat bisa berperan aktif mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah 2024, dengan datang ke TPS menggunakan hak pilihnya pada Tanggal 27 November mendatang.

Launching maskot Pilkada serentak 2024 di Pacitan, dimeriahkan flashmob jingle, musik sampan, viasa dewa, tari gambyong, pagelaran reog, kesenian rontek, kesenian daerah, dan pameran produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Pada acara launching maskot Pilkada serentak 2024 yang dilanjutkan dengan kirab, para undangan diwajibkan mengenakan pakaian adat.(Bambang Pur)