Pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap III TA 2024 ditandai dengan penyerahan peralatan kerja dari Wakil Wali Kota Magelang KH M Mansyur kepada peserta TMMD.(Bag Prokompim, Pemkot Magelang)


MAGELANG (SUARABARU.ID) –
TMMD Sengkuyung Tahap III tahun anggaran 2024 kembali digelar oleh TNI bekerja sama dengan Pemkot Magelang. Kali ini dilaksanakan di Kampung Tulung Rt 03 Rw 01 Kelurahan Magelang, Kecamatan Magelang Tengah, dengan pekerjaan pembangunan talud makam.

Pembukaan TMMD dilaksanakan di Lapangan Panti Asuhan Kumuda Dinas Sosial (Dinsos) Kota Magelang, Rabu (24/7), oleh Wakil Wali Kota Magelang KH M Mansyur. Hadir Kasdim 0705/Magelang Mayor Inf Joko Nugroho beserta jajarannya, Pejabat Forkopimda Kota Magelang dan masyarakat setempat.

Kyai Mansyur menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada TNI, masyarakat dan seluruh pihak, yang selama ini tidak kenal lelah terus mendukung pemerintah dalam mewujudkan komitmen terhadap upaya percepatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

‘’Saya sungguh berharap, semoga kemitraan sinergis di antara semua elemen masyarakat dapat terus terjalin erat, sehingga dapat melahirkan kerja nyata di berbagai bidang untuk kemaslahatan bersama,’’ ungkapnya.

Pengasuh Ponpes Sirojul Huda, Wates, Kota Magelang itu melanjutkan, TMMD Sengkuyung adalah wujud konkret konsep pembangunan kolaboratif dalam hal ini kemanunggalan TNI dengan pemerintah daerah, masyarakat dan pihak-pihak terkait dalam pembangunan.

Keberhasilan pembangunan memerlukan dukungan dan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat. Hal ini sesuai dengan prinsip gotong royong yang merupakan jati diri Bangsa Indonesia.

‘’Di tengah perkembangan sosial budaya saat ini, jangan sampai tergerus nilai-nilai gotong royong yang selama ini sudah terlembaga secara turun temurun dalam masyarakat. Janganlah materialisme dan komersialisme menggeser semangat guyub rukun, saiyeg saeka praya yang dapat menyebabkan semakin lebarnya kesenjangan sosial,’’ tandasnya.

Danramil 07/Ngablak selaku Koordinator Perwira TMMD Kapten Inf Supriyanto menyampaikan, pada TMMD Sengkuyung Tahap III TA 2024 Kota Magelang akan melaksanakan kegiatan fisik meliputi sasaran utama pembuatan talud batas makam panjang 100 m, tinggi 1 – 1,5 m, lebar atas 0,3 m, lebar bawah 0,6 m dengan hasil 13 %.

Sasaran Tambahan meliputi pembuatan saluran drainase U tertutup md 30 panjang 35 m, lebar 0,5 m, tinggi 0,5 m dengan hasil 5%.

Untuk Kegiatan nonfisik meliputi penyuluhan wawasan kebangsaan cinta Tanah Air dan bangsa dari Kodim 0705/Magelang, penyuluhan penanganan kenakalan remaja dari Kesbangpol Kota Magelang.

Berikutnya penyuluhan tentang Kamtibmas/Narkoba dari Polres Magelang Kota, dan penyuluhan pencegahan stunting pada anak dengan meningkatkan peran Posyandu dari Puskesmas Magelang Tengah. (prokompimkotamgl)