blank
Foto bersama kegiatan penguatan literasi dan numerasi SMK Negeri 9 Surakarta. Foto: Humas

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Bersama Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah (BBPJT), SMK Negeri 9 Surakarta menggelar penguatan literasi dan numerasi, Selasa (9/7/2024).

Dalam workshop penguatan literasi program SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) ini diikuti oleh guru-guru mata pelajaran bahasa Indonesia, bahasa Inggris, bahasa Jawa, serta perwakilan dari tiap program keahlian di SMK Negeri 9 Surakarta.

Kepala SMK Negeri 9 Surakarta, Triman mengatakan, literasi dan numerasi adalah sebuah kecakapan yang diperlukan oleh para siswa untuk bisa mengembangkan keterampilan dalam hidup. Literasi dan numerasi tidak hanya diartikan secara teori, tetapi diperlukan pemahaman konsep dan implementasi yang memadai.

“Para guru diharapkan memiliki pemahaman yang memadai, sehingga dapat menerapkannya dalam pembelajaran bersama para siswa,” ujar Triman.

Agus Sudono, Widyabasa dari Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah yang menjadi narasumber memperkenalkan produk kebahasaan dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa serta Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah. Agus mengajak peserta untuk memahami penggunaan kata secara tepat, mempelajari bagaimana menggunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) secara benar, serta memahami bentuk kata dan penggunaannya.

“Tulislah apa yang kita lakukan dan lakukan apa yang kita tulis. Hal ini penting untuk digunakan sebagai sumber informasi dan menjadi rekam jejak positif di berbagai media sehingga bermanfaat bagi masyarakat,” jelas Agus.