Ahmad Reihan Alavi Karateka asal Jepara yang berhasil sabet medali emas.

JEPARA (SUARABARU.ID)- Ajang 21Th Asean University Games (AUG) 2024 yang diselenggarakan di Malang, Jawa Timur sepertinya menjadi ajang untuk unjuk prestasi bagi para karateka asal Kabupaten Jepara.

Tim kata beregu putra Indonesia dalam ajang AUG 2024.

Pasalnya, ajang olahraga dua tahunan yang melibatkan atlet dari perguruan tinggi di negara-negara anggota Asean ini berhasil mengantar atlet karate asal Jepara bernama Ahmad Reihan Alavi menyabet medali emas di kategori kata beregu putra mengalahkan Malaysia.

Seperti dikabarkan sebelumnya, dalam ajang yang sama, karateka putri asal Jepara  bernama Hera Irnandha juga berhasil menyabet medali emas setelah megalahkan Thailand di final.

Saat dihubungi suarabaru.id, Sabtu (6/7/2024), Ahmad Reihan Alavi, atau yang akrab disapa Reihan ini tidak menyangka bahwa pencapaian prestasinya akan bisa sampai tingkat Asean.

“Alhamdulillah saya merasa sangat bersyukur karena sama sekali tidak pernah terbayangkan akan mendapat panggilan mengikuti Pelatnas untuk AUG dan menyabet medali emas”, ungkap Reihan melalui WhatsApp.

Ahmad Reihan Alavi, Akmal Farouq, Firman Maulana Kurniawan, .

“Sejak mendapatkan panggilan untuk mengikuti pelatnas bagi saya itu sebuah prestasi yang membanggakan. Apalagi bisa sampai ke final dan dapat menyumbang medali emas untuk Indonesia”, terang mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di Universitas Diponegoro (Undip) Semarang ini.

Reihan mengaku tim beregu yang terbentuk berawal dari teman satu kampus. “Kita bertiga (Ahmad Reihan Alavi, Akmal Farouq, Firman Maulana Kurniawan) dari Undip ketemu jadi 1 tim untuk persiapan ke Pekan Olahraga Nasioanl (POMNAS) di Kalimantan Selatan 2023 kemarin. Alhamdulillah kita berhasil mendapatkan medali emas”, beber Reihan.

Menurut informasi, salah satu syarat bisa mengikuti AUG adalah sudah pernah mengikuti Pomnas. “April saya bertiga latihan mandiri di kampus untuk persiapan sebelum mengikuti pemusatan latihan terpusat. Kemudian pertengahan Juni mendapat panggilan dari Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (PB FORKI) untuk pemusatan latihan terpusat di Lanud Abdulrachman Saleh, Malang”, lanjut putra pasangan M. Elfin Noor dan Avia Meilvi.

Berikut profil singkat Ahmad Reihan Alavi: Lahir di Jepara, 21 April 2003 dari pasangan M. Elfin Noor dan Avia Meilvi. Menempuh pendidikan di SD Al-Islam Pengkol Jepara, SMPN 1 Jepara, SMAN 1 Jepara.

Menggeluti latihan karate sejak kelas 4 SD, di Kalingga Karate Club dengan pelatih Sensei Niam. Untuk persiapan POMNAS dan AUG latihan di Universitas Diponegoro dengan senior karate Ivan Fairuz Taher.

ua