Tim Satlantas Polres Wonogiri dipimpin Kanit Turjawali Iptu Ari Kristanto, meggelar patroli humanis di Terminal Angkot. Memberikan pemahaman tentang pentingnya mewujudkan Kamtibcarlantas, untuk mencegah terjadinya kecelakaan.(Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Jajaran Sat Lantas Polres Wonogiri, menggelar patroli humanis di terminal Angkutan Kota (Angkot) yang berada di sisi utara Pasar Induk Wonogiri Kota. Sasarannya, komunitas pengemudi (sopir) Angkot dan pelaku Ojek Online (Ojol) serta warga masyarakat.

Kapolres Wonogiri AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah dan Kasat Lantas AKP Edy Prasetyo melalui Kasi Humas Pores AKP Anom Prabowo, Sabtu (6/7/24), menyatakan, kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk menekan dan mencegah fatalitas korban kecelakaan.

Materi patroli humanis disampaikan oleh Tim yang dipimpin oleh Kanit Turjawali Sat Lantas Polres Wonogiri, Iptu Ari Kristanto. Yakni menitikberatkan pada pemahaman untuk mengedepankan aspek Keamanan, Ketertiban dan Kelancaran Berlalulintas (Kamtibcarlantas).

Kepada komunitas sasaran patroli humanis, diberikan pemahaman tentang pentingnya bersikap untuk senantiasa berdisiplin, berhati-hati deengan menghindarkan segala bentuk pelanggaran. Karena pelanggaran, dapat menjadi pemicu terjadinya kecelakaan.

Kepada para sopir Angkot dan juga para pengemudi angkutan umum, ojek online dan ojek pangkalan, diserukan untuk mengedepankan aspek keselamatan dalam berkendaraan. Termasuk keselamatan saat memberikan pelayanan kepada warga masyarakat. Baik yang hendak dan pulang dari objek wisata, tempat perniagaan, pasar dan pertokoan, serta tempat keramaian publik lainnya.

Hal itu penting diwujudkan, demi mengutamakan aspek keselamatan bagi penumpang dan juga keamanan untuk semua pemakai jalan. Waspada dan berhati-hatilah saat melintas di lokasi rawan kecelakaan, dan hindari balapan liar. Taatilah semua aturan dan hindari semua bentuk pelanggaran.

Dalam penyampaian materi pada kegiatan patroli humanis tersebut, kepada komunitas sopir angkutan umum, utamanya pengemudi Angkot dan pelaku Ojol serta warga masyarakat, diminta untuk berhati-hati saat menyambut malam Tanggal Satu Sura. Bersikaplah hati-hati di jalan, utamakan aspek keselamatan dengan mentaati peraturan, cegah terjadinya kecelakaan dan ingatlah bahwa keluarga menunggu di rumah.
Bambang Pur