Belanda vs Prancis. Foto: dok/uefa

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Laga big match tersaji di matchday 2 Grup D Euro 2024, Sabtu (22/6/2024) dini hari WIB. Timnas Belanda dan Prancis akan berjumpa di Red Bull Arena (Leipzig Stadium).

Belanda dan Prancis mengawali langkah di turnamen ini dengan kemenangan. Belanda menang 2-1 atas Polandia, sedangkan Prancis menjinakkan Austria dengan skor 1-0.

Melawan Polandia, Belanda sempat tersentak oleh gol Adam Buksa menit 16. Akan tetapi, Belanda mampu membalikkan skor lewat gol-gol dari Cody Gakpo menit 29 dan pemain pengganti Wout Weghorst (83).

BACA JUGA: Konser Musik Selendang Biru Menghipnotis Ribuan Penonton

Sementara itu, diwarnai cedera patah hidung yang dialami striker dan kapten, Kylian Mbappe, Prancis harus bersusah payah untuk menang atas Austria. Prancis menang berkat gol bunuh diri Max Wober menit 38.

Prancis tampil kurang meyakinkan, terutama dalam hal penyelesaian akhir. Dua shots on target dari Marcus Thuram, dan satu shot on target Mbappe, tak mampu menjebol gawang Austria.

Keberuntungan Prancis muncul dari adanya gol bunuh diri pemain lawan. Selain itu, Prancis juga pantas berterima kasih kepada kiper Mike Maignan, yang sukses menetralisir dua ancaman dari bomber Austria, Christoph Baumgartner dan satu peluang dari Patrick Wimmer.

Di Kualifikasi Euro 2024 lalu, Prancis dua kali menaklukkan Belanda, yakni dengan skor 4-0 (kandang) dan 2-1 (tandang). Empat dari enam gol Prancis dalam dua pertemuan dengan Belanda itu, diborong penyerang andalannya, Kyllian Mbappe.

Perkiraan Pemain:
Belanda (4-2-3-1): Verbruggen, Dumfries, De Vrij, Van Dijk, Ake, Schouten, Veerman, Simons, Reijnders, Gakpo, Depay.
Pelatih: Ronald Koeman.

Prancis (4-2-3-1): Maignan, Kounde, Saliba, Upamecano, Hernandez, Kante, Rabiot, Dembele, Griezmann, Thuram, Giroud.
Pelatih: Didier Deschamps

Riyan