Ilustrasi. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Pada hari-hari setalah Idul Adha, tentunya akan sangat mudah sekali ditemui beragam macam masakan yang berbahan dasar daging, baik sapi, domba maupun kambing.

Daging merah memang dikenal sebagai salah satu sumber protein yang cukup baik apabila dikonsumsi oleh tubuh. Namun, daging merah seperti daging sapi, kambing atau domba juga cukup rawan menyebabkan efek samping apabila terlalu banyak dikonsumsi.

Jika kita terlalu banyak makan daging tanpa asupan serat yang seimbang dapat menyebabkan sembelit. Kondisi yang tidak nyaman ini, terjadi karena saluran pencernaan yang lambat atau sulit mencerna. Untuk itu, serat tidak boleh dilupakan, misalnya biji-bijian atau kacang-kacang.

Efek samping mengonsumsi daging berlebihan adalah tubuh akan mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan sehingga mudah merasa lemas, pusing, dan tidak enak badan. Hal ini, karena tubuh membutuhkan banyak air untuk memproses protein di dalam daging.

Namun, kamu tidak perlu khawatir akan timbulnya beberapa risiko efek samping tersebut. Kamu tetap bisa memakan daging asalkan juga diselingi memakan beberapa jenis makanan ini sebagai penetralnya.

Dilansir dari Suara.com nah, berikut 3 makanan yang bisa menetralkan efek setelah memakan daging.

1. Buah-buahan

Buah-buahan bisa menjadi salah satu makanan yang dapat menetralkan efek samping dari mengonsumsi daging terlalu banyak. Melansir dari laman hellosehat.com, buah-buahan yang kaya akan serat, vitamin dan mineral bisa menjadi salah satu makanan penetral yang dapat meminimalisir efek samping setelah terlalu banyak memakan daging.

Buah-buahan seperi semangka, melon, pepaya dan beberapa jenis buah-buahan lainnya mengandung banyak serat alami yang dapat memperlancar proses pencernaan. Hal ini tentunya cukup baik mengingat setelah mengonsumsi daging umumnya proses pencernaan akan sedikit kesusahan mencerna makanan karena serat pada daging memang tidaklah terlalu membantu memperlancar sistem pencernaan.

2. Sayuran

Sayuran merupakan salah satu pilihan makanan yang bisa membantu mengurangi efek setelah makan daging. Melansir dari laman halodoc.com, kandungan mineral dan serat dalam sayuran bisa membantu mengikat lemak pada daging dan membantu mengurangi penyerapan lemak jenuh agar tidak menyebabkan kolestrol.

Dalam sehari, seseorang dianjurkan untuk memakan 200-250 gram sayuran agar membantu kelancaran sistem pencernaan. Selain itu, sayuran juga dapat membantu menjaga sistem metabolisme dalam tubuh.

3. Jus Lemon atau Jeruk

Jus lemon atau jus jeruk bisa pula dikonsumsi untuk menetralkan efek samping setelah memakan daging. Jus lemon mengandung banyak vitamin C yang berperan menjaga metabolisme imun dan juga membanu mengurangi radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh usah mengonsumsi olahan daging seperti sate atau sejenisnya.

Nah, itulah beberapa makanan yang bisa menetralkan efek samping setelah memakan daging. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Claudia