Rumini. Foto: dok/pasi

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Ketua Pengprov PASI Jawa Tengah, Rumini mengatakan, Kejuaraan Terbuka Atletik Jateng Open 2024, yang akan berlangsung di Lapangan Trilomba Juang, Mugas, Semarang, Kamis-Sabtu (27-29/6/2024) mendatang, menjadi arena uji coba terakhir bagi para atlet PON XXI.

Hal itu seperti yang disampaikannya kepada sejumlah awak media di Semarang, Kamis (20/6/2024). Dijelaskan Rumini, selain atlet dan klub lokal Jateng, beberapa kota dan provinsi luar juga mengirim atletnya. Di antaranya PASI Kota Malang, Pengprov PASI Kaltim, Banten, DKI, Bangka Belitung, Batam dan Kepuluan Riau.

”Kuota KONI Jateng hanya 22 atlet atletik untuk PON Aceh Sumut. Namun saat ini PASI Jateng mempelatdakan 26 atlet, untuk persiapan PON kali ini,” katanya.

BACA JUGA: Melalui Program Pembiayaan Porsi Haji PT Pegadaian, Gadai Emas 3,5 Gram bisa Langsung Daftar Haji

Untuk target tiga emas di PON Aceh-Sumut, pihaknya dibidik dari nomor tolak peluru putra atas nama atlet Irfan Tony Saputro. Lalu Lempar cakram putri dari atlet Wahyu Nuraini, dan lempar lembing putri atas nama Attina Nur Khamila.

Awalnya, seluruhnya ada 22 atlet Pelatda PON Jateng akan tampil pada event ini. Namun tiga atletnya, Wahyu Nuraini (lempar cakram dan tolak peluru), Arifiyanto (lompat jauh) dan Risalia (lempar cakram), harus memperkuat kontingen Indonesia pada ASEAN University Games (AUG), di Surabaya, pada 25 Juni-7 Juli 2024.

”Karena waktunya bersamaan, jadi mereka membela tim nasional. Kami selaku pengprov menghormati keputusan PB PASI,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris panitia, Hermahayu menyebut, ada sebanyak 700 atlet dari 117 tim, telah terdaftar sebagai peserta. Mereka siap berlomba untuk menjadi yang terbaik pada nomor lomba masing-masing.

Riyan