Ilustrasi haji, PT Pegadaian memfasilitasi masyarakat melalui program Arrum Haji dan Arrum Haji Plus untuk pembiayaan porsi haji atau mendaftar haji. (Dok: Kemenag)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Gadai emas seberat 3,5 gram di PT Pegadaian (Persero) bisa dapat dana Rp 25 juta untuk mendaftar haji lho, kok bisa?

Pemimpin PT Pegadaian Kantor Wilayah (Kanwil) XI Semarang Edy Purwanto melalui Kepala Bagian (Kabag) Pemasaran dan Penjualan Niken Pratiwi menjelaskan, bila perusahaan punya program Pembiayaan Porsi Haji dan Pembiayaan Porsi Haji Plus.

Pertama untuk produk Pembiayaan Porsi Haji mengakomodir nasabah yang ingin berangkat melalui haji reguler.

“Untuk daftar haji reguler, nasabah perlu mempersiapkan dana sebesar Rp 25 juta ke Kementerian Agama (Kemenag) untuk dapat porsi haji. Nah Pegadaian memfasilitasi pinjaman senilai Rp 25 juta itu hanya dengan jaminan emas seberat 3,5 gram,” kata dia, Jumat 20 Juni 2024.

Dengan gadai emas 3,5 gram itu, nasabah bisa melakukan akad dengan pinjaman Rp 25 juta untuk biaya mendaftar porsi haji ke Kemenag setempat.

“Di Jawa Tengah (Jateng) waktu tunggu keberangkatan ibadah haji reguler sekitar 30 tahun setelah mendaftar. Nasabah pengguna program Pembiayaan Porsi Haji di PT Pegadaian begitu mendapatkan dana Rp 25 juta langsung didaftarkan dan masuk dalam antrian” kata Niken.

Adapun dana tersebut dapat diangsur mulai 12 bulan hingga maksimal 60 bulan.

Pembiayaan Porsi Haji ini juga bisa digunakan untuk mendaftarkan anak yang berusia minimal 12 tahun, namun untuk akad menggunakan namanya orang tuanya.

Lebih lanjut, untuk syarat administrasi yang diperlukan selain membawa logam mulia atau perhiasan emas yakni Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan syarat administrasi yang diperlukan untuk mendaftar di Kemenag.

Namun demikian perlu diketahui, PT Pegadaian hanya memfasilitasi untuk mendapatkan porsi haji.

“Setelah mendekati waktu keberangkatan ada biaya ONH yang ditetapkan. Nasabah perlu melakukan persiapan dana sendiri untuk pelunasan biaya nya” kata dia.

Sejumlah masyarakat menengok pameran emas di PT Pegadaian Kanwil XI Semarang cabang Imam Bonjol, Jumat 23 Februari 2024. (Diaz Aza)

Pembiayaan Porsi Haji Plus

Kedua, Pegadaian punya program Pembiayaan Porsi Haji Plus di mana masa tunggu keberangkatan ke tanah suci lebih singkat yakni 5-7 tahun.

PT Pegadaian melalui program ini memfasilitasi pinjaman untuk uang daftar haji plus sekitar 5.000 USD.

“Jadi PT Pegadaian memfasilitasi itu bila dirupiahkan sekira Rp 79-81 juta. barang jaminan yang diperlukan seberat 7,5 gram,” kata Niken melanjutkan.

Kemudahan lain, nasabah tidak perlu ke Kemenag untuk pengurusan administrasi.

Pihaknya telah bekerja sama dengan travel Penyelenggara Ibadah Haji Khusus yang telah mengantoni izin dari Kementrian Agama.

“Yang follow up urusan administrasi ke Kemenag adalah pihak travel PIHK. Sama halnya haji reguler,biaya pelunasan keberangkatan Haji Plus di Kemenag menjadi tanggung jawab nasabah,” tutur Niken.

Promo

PT Pegadaian Kanwil XI Semarang punya program promo untuk dua program tersebut.

Di mana hingga 31 Juli 2024 ada gratis biaya administrasi Rp 500 ribu, dan cashback 2 persen dari total pinjaman untuk Pembiayaan Porsi Haji Plus.

Adapun untuk Pembiayaan Porsi Haji reguler, PT Pegadaian punya promo bebas administrasi Rp 270 ribu.

Diaz Aza