blank
Kepada anggota yang terjaring razia pelanggaran Gaktibplin, diberikan pembinaan dan dihukum pisik melakukan push up.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Propam Polres Wonogiri, Rabu (19/6/24) menggelar operasi Penegakan Ketertiban dan Disiplin (Gaktibplin). Kepada anggota yang melanggar, dilakukan pembinaan dan dihukum push up.

Kapolres Wonogiri AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah dan Kasi Propam AKP Sumarwan melalui Kasi Humas AKP Anom Prabowo, menyatakan, Gaktibplin dilakukan sebagai kontrol dan pengawasan serta penegakan disiplin terhadap anggota Polri di jajaran Polres Wonogiri. Ini dilakukan usai pelaksanaan apel di lapangan apel Sat Lantas Polres Wonogiri.

Dalam Gaktibplin, dilakukan pemeriksaan terhadap anggota Polres Wonogiri dengan sasaran sikap tampang,seperti potongan rambut yang tidak standar, juga dalam mengenakan seragam dinas. Bersama itu, juga dilakukan pemeriksaan kelengkapan identitas anggota mulai dari KTP, KTAP, SIM dan surat kendaraan bermotor dinas.

Pemeriksaan anggota melalui Operasi Gaktibplin ini dilakukan secara rutin. Tujuannya, untuk mengecek anggota dalam berdinas. Agar para anggota senantiasa berdisiplin diri mentaati tata tertib dan aturan yang diberlakukan. Supaya dalam melaksanakan tugas kepolisian, dalam memberikan perlindungan dan mengayomi serta membina masyarakat, dapat tampil dengan performance yang patut dijadikan contoh teladan. Baik selagi melaksanakan tugas, maupun ketika berada di luar jam dinas.

Dalam giat tersebut ditemukan beberapa anggota yang terjaring razia karena melanggar disiplin, seperti pelanggaran sikap tampang, langsung diberikan teguran secara langsung. Juga diberikan sanksi pembinaan pisik.

Kepada semua anggota Polri khususnya yang bertugas di Polres Wonogiri, diserukan untuk selalu menjaga nama baik dan melaksanakan tugas dengan dengan benar, serta menghindari sekecil apapun itu pelanggaran. ”Agar Polri makin dicintai dan dekat dengan rakyat, tandas AKP Anom Prabowo.
Bambang Pur